Banyak inspirasi yang bisa didapat dari menyaksikan film-film bertema perjalanan. Walaupun perspektifnya adalah fiksi, dan banyak hal yang didramatisir, tetap saja ia menjadi motivasi untuk segera berkemas dan berangkat ke suatu tempat. Ada beberapa film yang dapat anda saksikan untuk mendapatkan inspirasi perjalanan, di antaranya:

The Darjeeling Limited

The Darjeeling Limited
The Darjeeling Limited

Film arahan Wes Anderson ini menampilkan Owen Wilson, Jason Schwartzman dan Adrien Brody sebagai tiga saudara kandung yang berkelana ke India untuk menjadi lebih dekat satu sama lain. Ikuti petualangan mereka yang penuh romansa, kejadian aneh dan komedi selama perjalanan di India di dalam kereta api, kota-kota kecil dan perkampungan di sana. Gaya visual menarik, sound design yang menghibur dan warna yang hangat membuat film ini layak ditonton.

Into the Wild

Into the Wild
Into the Wild

Berdasarkan kisah nyata Christopher McCandless yang melayangkan protes terhadap kehidupan modern dengan cara mengasingkan diri ke pedalaman Alaska. Tabungan $24.000 yang dia punya diserahkan seluruhnya ke badan amal, lalu, tanpa kendaraan apapun, ia menumpang bertahap dari Emory University, Atlanta, ke Alaska. Selama perjalanan banyak hal yang dia pelajari. Bagaimana akhirnya ia sampai di Alaska dan apa yang dia petik dari pengalaman ini, dapat kita saksikan di film ini.

The Motorcycle Diaries

The Motorcycle Diaries
The Motorcycle Diaries

Film ini adalah biopik Ernesto “Che” Guevara, yang ketika berusia 23 tahun melakukan ekspedisi dengan sepeda motor sepanjang Amerika Selatan bersama temannya Alberto Granado. Dalam perjalanan ini kita dapat menyaksikan bagaimana Guevara menyadari realita kehidupan yang penuh hedonisme dan ketidakadilan, yang kemudian menjadi inspirasinya menjadi komandan gerilya Marxist di kemudian hari. Perjalanan ini mengubah hidupnya dan membuatnya menjadi punya pandangan radikal terhadap hidup.

Midnight in Paris

Midnight in Paris
Midnight in Paris

Cocok ditonton bersama pasangan, Owen Wilson memukan dalam komedi romantis arahan Woody Allen. Gil Pender adalah seorang penulis yang berusaha menyelesaikan novelnya sedang berlibur ke Paris bersama tunangan dan keluarga tunangannya yang kaya raya dan hedonis. Gil, yang idealis, ingin pindah ke Paris untuk selamanya demi mengejar romantika Paris dan penyelesaian novelnya, namun tak disetujui tunangan dan keluarganya. Di Paris, tiap tengah malam, ia mengalami perjalanan lintas waktu ke masa lalu yang mengubah hidup dan cara pandangnya.

Little Miss Sunshine

Little Miss Sunshine
Little Miss Sunshine

Satu keluarga dengan beragam karakter melakukan perjalanan darat dengan mobil tua mereka. Masing-masing anggota keluarga punya mimpi, kebiasaan dan sifat yang kontras. Bagaimana mereka dapat menyelesaikan perjalanan ini? Atau apakah perjalanannya sesuai yang direncanakan?

Life of Pi

Life of Pi
Life of Pi

India selalu menarik menjadi latar belakang fiksi, terutama dalam film ini. Pondicherry adalah kantong kolonialis Perancis yang berada di tenggara India, lokasi di mana film ini dimulai. Keluarga India yang memutuskan pindah ke Amerika Serikat dengan kapal laut — sebuah keputusan kepala keluarga yang tidak begitu disetujui anak lelakinya. Anak lelaki ini pun tak pernah tahu apa yang akan terjadi di tengah perjalanan.

Amélie

Amelie
Amélie

Kisah tentang wanita muda beranama Amélie (Audrey Tautou) yang mengalami masa kecil kurang bahagia karena didiagnosa penyakit kelainan jantung, dan selalu menghabiskan waktu di kamarnya dengan beragam imajinasi. Ibunya meninggal pada usia delapan tahun. Ketika tumbuh dewasa, ia memutuskan untuk membahagiakan orang lain dengan berbuat bermacam-macam kebaikan, mulai dari menjalin pertemanan antara orang-orang asing, mengembalikan barang hilang dan lain sebagainya. Latar belakangnya menjadi inspirasi untuk pergi ke Perancis dengan detil-detil menawan!

Lost in Translation

Lost in Translation
Lost in Translation

Bob Harris (Bill Murray) adalah seorang aktor Amerika terkenal yang karirnya sedang suram. Karena butuh pekerjaan ia pergi ke Tokyo, Jepang, untuk menjadi model iklan wiski dengan bayaran yang lumayan. Ia kemudian bertemu Charlotte (Scarlett Johansson) di bar hotel tempat ia menginap. Charlotte adalah wanita yang sudah menikah dan sedang ikut ke Tokyo bersama suaminya seorang fotografer, yang sibuk bekerja setiap hari. Baik Bob maupun Charlotte merasakan ketidakpuasan pada hidupnya masing-masing. Apakah yang terjadi pada mereka berdua di sebuah hutan beton di tanah asing? Menarik melihat berbagai detil kehidupan Tokyo di film ini.

Up in the Air

Up in the Air
Up in the Air

Ryan Bingham (George Clooney) adalah pegawai sebuah perusahaan manajemen transisi kepegawaian di mana ia bertugas untuk datang ke berbagai tempat, bertemu dan memberitahu beberapa pegawai kliennya yang akan dipecat atau di-PHK (“giving away the pink slips“). Karena sering terbang ke berbagai kota di Amerika Serikat, ia tak punya “kehidupan tetap” dan selalu berpindah-pindah. Namun, kehidupan seperti ini justru dinikmatinya dan ia dapat bertemu banyak orang, walaupun pekerjaannya mendikte ia untuk selalu memberi kabar buruk.

The Rum Diary

The Rum Diary
The Rum Diary

Berlatar belakang Puerto Rico dan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Eisenhower, Paul Kemp (Johnny Depp) adalah wartawan yang melamar pekerjaan di sebuah surat kabar yang berbasis di San Juan, Puerto Rico. Pergaulannya membawanya bertemu Chenault (Amber Heard), tunangan dari pengusaha asal Connecticut bernama Sanderson (Aaron Eckhart). Sanderson sedang berusaha untuk membangun resor mewah untuk orang kaya dan fasilitas-fasilitas lainnya dengan cara-cara yang kurang etis. Kemp menghadapi dilema yang luar biasa karena di satu sisi Sanderson membutuhkan jasa wartawan untuk membangun citra baik, sedangkan hati nuraninya berkata lain. Di film ini, kita bisa menikmati San Juan, Puerto Rico tahun 1950an dengan bangunan unik serta pantai-pantai yang indah.