Dubai memiliki beberapa pilihan sarana transportasi yang nyaman dan “ekonomis”, salah satunya adalah Dubai Metro yang diresmikan pada tahun 2009. Dubai Metro merupakan sistem kereta otomatis tanpa pengemudi terpanjang di dunia. Ia memiliki dua jalur komuter, jalur merah sepanjang 52 kilometer melintasi Rashidiya hingga Jebel Ali dan jalur hijau yang melintasi area dari Al Qusais hingga Al Jadaf. Dubai Metro sangat mengedepankan kenyamanan penumpang dengan menyediakan gerbong untuk pelanggan kelas “Gold”-nya, gerbong khusus wanita dan anak-anak, lapangan parkir mobil gratis pagi pengguna Dubai Metro, dan bus pengumpan gratis yang melayani daerah di sekitar stasiun Metro.

Arsitektur salah satu stasiun Dubai Metro
Arsitektur salah satu stasiun Dubai Metro.

Sejumlah 29 stasiun di jalur merah melintasi beberapa atraksi wisata utama modern di Dubai seperti pusat perbelanjaan dan landmark ikon kota Dubai mulai dari Terminal 1 dan 3 bandara Dubai, kawasan perbelanjaan Diera City Center, Burj Al Arab—sebuah hotel berbintang tujuh, Dubai Mall dengan Burj Khalifa—gedung tertinggi di dunia, Mall of the Emirates, Medinat Jumeirah, pulau buatan The Palm dan The Atlantis, hingga Dubai Marina—kota kanal buatan. Sejumlah 18 stasiun di jalur hijau melintasi area kawasan kota tuanya, di sekitar The Creek. Wilayah ini dimulai dari Terminal 2 bandara Dubai, souk (pasar) yang menjual emas dan rempah, Shaeek Shaid House, Heritage and Diving Village, Bastakiya, Dubai Museum, Dubai Creek Abra (taksi air) dan Wafi City Mall.

Untuk menggunakan Dubai Metro, kita diharuskan membeli “Nol Card” berupa kartu plastik atau kertas.

Kartu plastik Nol Card bisa juga digunakan untuk bus umum dan taksi air, serta berlaku selama lima tahun dan dapat menyimpan kredit hingga maksimum 500 AED.

Terdapat empat jenis Nol card. Nol Blue Card diperoleh dengan mendaftar secara online dan membutuhkan 10 hari kerja. Nol Gold Card untuk yang menginginkan perjalanan dengan gerbong VIP. Kedua kartu ini lebih cocok apabila anda berdomisili di Dubai.

Di samping itu juga ada Nol Silver Card, kartu standar bisa menyimpan kredit dan cocok untuk pejalan yang sering mengunjungi Dubai.

Untuk pengunjung singkat atau turis lebih cocok menggunakan Nol Red Card. Kartu Nol dari bahan kertas tidak bisa menyimpan kredit dan hanya bisa digunakan maksimal 10 kali perjalanan atau lima kali tiket terusan harian (Daily Passes) dengan mengisi ulang sesuai harga standar per segmen perjalanan (trip). Selain harga per segmennya, setiap kartu kertas Nol Red Card dikenakan biaya tambahan 2 AED yang tidak dapat diuangkan kembali (bukan merupakan deposit).

Interior gerbong Dubai Metro yang bersih dan modern
Interior gerbong Dubai Metro yang bersih dan modern.

Apabila anda sering melakukan perjalanan lebih baik membeli tiket terusan harian seharga 14 AED/hari plus 2 AED untuk kartunya dan bebas digunakan tak terbatas untuk Metro dan bus selama sehari.
Perlu diperhatikan dalam membeli Red Nol Card, mekanismenya tidak sama seperti MRT di Singapura yang tinggal menentukan awal dan akhir stasiun. Dengan Metro Dubai, harga tiket tidak ditentukan awal dan tujuan stasiun, melainkan dengan sistem zona yang dilintasi: single zone, two zones, dan all zones.

Saya sendiri sempat bingung pada awalnya. Single zone saya maknai kalau saya naik dan turun di stasiun di sepanjang jalur yang berwarna sama, sedangkan two zones saya maknai kalau saya naik di stasiun di jalur hijau dan turun di jalur merah atau sebaliknya.

Papan penunjuk sistem zona
Papan penunjuk sistem zona.

Seperti yang terlihat di foto jalur metro melintasi beberapa zona; zona lima, enam, dua dan satu.
Ketika anda membeli tiket di mesin pembelian, terdapat tiga pilihan: single zone, two zones, dan all zones. Supaya tidak salah beli, pilih single zone apabila stasiun keberangkatan dan tujuan akhir anda berada di zona yang sama (contohnya, dari Terminal 1 bandara Dubai ke Diera City yang sama-sama berada di zona lima). Pilih two zones apabila zona tujuan akhir anda berada di sebelah zona stasiun keberangkatan anda (contohnya dari Terminal 1 bandara di zona lima ke Burj Khalifa di zona enam). Terakhir, pilih all zones apabila dari stasiun keberangkatan anda hingga stasiun tujuan akhir melintasi lebih dari dua zona (contohnya dari Terminal 1 bandara di zona lima ke Dubai Marina di zona dua atau Zebel Ali di zona satu).

Apabila anda ragu, lebih baik beli tiket melalui petugas di loket.

Jam operasional setiap hari dari pukul 05:00 pagi – tengah malam (00:00), kecuali hari Kamis dan Jumat kereta beroperasi hingga pukul 01:00 dini hari, dan khusus hari Jumat dibuka pukul 01.00 siang. Untuk hari besar tertentu seperti malam tahun baru, jam operasional Dubai metro akan beroperasi lebih panjang.