Seat61

Nama situs ini cukup unik, seat61.com. Hanya itu. Begitu pula slogan yang dipakainya, the man in sixty one, arti harfiahnya kurang lebih “Lelaki di Kursi 61”. Desain situsnya juga sangat sederhana dan tidak terlalu modern. Tapi dibalik kesederhanaan itu ada begitu banyak informasi yang ditawarkannya.

Begitulah. Seat61.com adalah situs yang berisi tentang bagaimana melakukan perjalanan dengan kereta api. JALUR KERETA API (hampir) SELURUH DUNIA! Keren sekali.

Mari kita uji dengan pengetahuan situs ini tentang jalur kereta api di Indonesia. Apakah jalur kereta Indonesia ada? Ternyata ada pranala Indonesia dalam daftar negara di sebelah kiri halaman, masuk bagian Asia. Situs ini menampilkan data singkat dan informatif mulai dari data operator, waktu, visa (untuk pengunjung luar negeri tentunya), dan jalur feri ke Indonesia.

Lalu ada data kereta api. Ada data satu paragraf tentang jalur kereta di Sumatera. Juga beberapa jalur kereta api di Jawa, seperti Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Bandung. Ya, cukup singkat. Tapi bagi pelancong asing, sebagai target utama situs ini, data tersebut sangat berguna sekali. Minimal membantu riset awal bila ada pelancong ingin melakukan perjalanan dengan kereta.

Situs ini terbukti sangat membantu saya dalam mempersiapkan rencana perjalanan dari Singapura ke Malaysia (dan juga Thailand) tahun lalu. Dari riset singkat di situs ini, kami mengetahui ternyata ada jalur kereta api yang dikelola oleh Keretapi Tanah Melayu Berhad, sebuah perusahaan kereta milik pemerintah Malaysia yang melayani rute tersebut. Atau juga alternatif jalur bus.

Alangkah asyiknya melakukan perjalanan darat, demikian rencana kami, alih-alih lewat udara seperti biasa dilakukan. Menggunakan kereta api juga lebih terjangkau. Dari data situs ini, selain mengetahui trayek, tarif, juga terdapat berbagai cerita dari pembaca lain, data keamanan jalur, bagaimana cara reservasi tiket, termasuk trik memesan tiket yang jauh lebih murah untuk perjalanan dari Malaysia ke Singapura, dibanding Singapura ke Malaysia, dan banyak hal lainnya.

Data yang bisa didapat dari situs ini:
* Informasi negara
* Informasi singkat sistem kereta api
* Jadwal waktu kereta api
* Laporan dan cerita dari pelancong lainnya.
* Tarif
* Bagaimana cara membeli tiket, termasuk apakah bisa beli online, dan juga trik pembelian secara langsung.
* Foto-foto,
* Stasiun
* Informasi perjalanan alternatif, misal London-Singapore via darat (wow!)
* Juga informasi perjalanan lanjutan di luar jalur kereta api, misal melalui bus
* Buku panduan

Sebagai peringatan, beberapa pranala yang disebut situs ini adalah merupakan layanan komersil, biasanya merupakan afiliasi. Meski hal ini tidak berarti semua layanan itu berbahaya. Tetapi Anda harus hati-hati sebelum melakukan berbagai transaksi yang ditawarkan oleh situs-situs tersebut, terutama seandainya seat61 tidak mengungkapkan sanggahan (disclaimer) mereka. Kami tidak bisa menjamin obyektivitas dan opini pengelola situs ini terhadap layanan-layanan yang ditawarkan di sana. Tapi yang jelas, di luar hal tersebut, situs ini sangat membantu terutama bila kita mempunyai rencana perjalanan dengan naik kereta api.

Disunting oleh SA. Pemutakhiran oleh ARW/SA.