Gerai-Gerai Bebas Cukai di DXB
Gerai-gerai bebas cukai tak pernah tutup di DXB.

Penumpang pesawat udara yang pertama kali transit di Dubai International Airport (kode IATA: DXB) dalam bulan Ramadan umumnya selalu mempertanyakan ketersediaan makanan dan minuman di dalam lingkungan bandara. Bandara ini beroperasi seperti biasa dan penumpang transit dapat menemukan fasilitas seperti layaknya ditemukan di bandara internasional lain pada bulan-bulan lainnya. Kafe dan restoran beroperasi 24 jam. Minuman beralkohol bisa didapat di dalam pub dan bar dalam bandara. Gerai-gerai bebas cukai tetap buka sepanjang hari seperti biasanya, dan penumpang tetap bisa membeli minuman beralkohol. Perokok bisa menggunakan ruang merokok yang tersedia di beberapa tempat di Terminal 1.

Makanan laut di salah satu restoran di DXB
Makanan laut di salah satu restoran.

Taman Zen
Taman zen.

DXB juga berusaha untuk mengakomodir kebutuhan penumpang transit yang sedang melakukan ibadah puasa. Terdapat beberapa tenda Ramadan yang menyediakan buah kurma dan minuman yoghurt gratis pada saat berbuka. Ruang sholat tersedia di beberapa tempat untuk memenuhi kebutuhan sholat lima waktu. Untuk yang ingin beristirahat bisa mengunjungi Quiet Lounges di Terminal 1 yang dilengkapi dengan kursi malas bisa digunakan secara cuma-cuma.
Gerai Good To Go.

Apabila bepergian dengan anak-anak, sudah tentu makanan cepat saji selalu menjadi makanan favorit mereka. Round Table Pizza yang menyuguhkan aneka jenis pizza dan topping-nya dan McDonald’s tersedia di pujasera Terminal 1 sedangkan outlet Burger King dan McDonald’s lainnya tersedia di Terminal 3. Jika makanan berkalori tinggi bukan pilihan anda dan tidak mempunyai banyak waktu untuk duduk bersantap di meja makan, Good To Go menjadi pilihan yang boleh dicoba dengan berbagai pilihan menu yang lebih sehat seperti roti gulung isi (wraps), roti lapis isi dan salad. Menutup makan malam tidak lengkap rasanya tanpa diakhiri dengan aneka pilihan rasa dan warna es krim sebagai pencuci mulut yang tersedia di Häagen-Dazs dan Cold Stone Creamery.

Untuk penghilang rasa kantuk sambil menunggu waktu keberangkatan pesawat bisa mengunjungi Starbucks coffee atau Costa Coffee yang menyediakan berbagai pilihan kopi baik disajikan panas maupun dingin. Jika minuman beralkohol pilihan anda, bisa diperoleh di Irish Bar di Terminal 1 dengan atmosfer suasana tradisional Irish pub yang sangat populer. Emporium, pilihan lain, adalah bar butik terbaru dengan desain interior kontemporer yang menjual berbagai minuman bermerek premium dan baru saja dibuka di Terminal 3.

Tidak ada waktu untuk menikmati kota Dubai, surga belanjanya Timur Tengah selama perjalanan transit anda? Bandara Dubai menyediakan ratusan toko untuk memanjakan mata penumpang pesawat dengan menyediakan beragam produk mulai dari busana, perangkat elektronik, buku, majalah, mainan anak-anak, perhiasan dan barang berharga, makanan dan minuman, serta masih banyak lagi. Dalam melakukan perjalanan, membeli oleh-oleh atau cinderamata merupakan aktivitas yang menyenangkan. Ketika sudah dekat Hari Raya Idul Fitri, banyak barang-barang yang unik untuk dibawa pulang sebagai hadiah hari raya. Pilihan yang menarik adalah produk kerajinan Arab seperti gantungan lampu, pashmina, minyak wangi timur tengah, atau buah kurma yang diisi dengan kulit jeruk dan dilapisi nougat almond. Untuk teman anda yang penggemar filateli, terdapat kantor pos Dubai yang menjual berbagai koleksi perangko.

Cinderamata Berbentuk Unta di DXB
Cinderamata berbentuk unta di DXB.

Foto Sensual yang Disensor di Gerai Majalah
Foto sensual yang disensor di salah satu gerai majalah.

Kegiatan favorit saya sendiri selalu menyempatkan mengunjungi toko buku untuk mencari buku yang menarik atau sekedar melewatkan waktu dengan membaca buku dan majalah. Ada hal yang menarik untuk diceritakan, ternyata majalah dengan gambar yang sedikit terbuka (sebenarnya biasa saja) akan disensor dengan coretan marker hitam tebal. Sempatkan juga mempelajari negara yang akan anda kunjungi sebentar lagi dengan membaca buku panduan perjalanan yang tersedia.

Jangan lupa mendonasikan sedikit uang ke kotak amal yang tersedia di beberapa sudut bandara yang digunakan untuk kegiatan kemanusiaan terutama untuk membantu nasib anak-anak yang kurang beruntung. Kita tidak pernah tahu, mungkin saja penerbangan kali ini merupakan penerbangan terakhir kita.

  • Disunting oleh SA 26/08/2011