The Great Railway Bazaar, novel dari Paul Theroux

Setelah beberapa artikel sebelumnya yang banyak berdasarkan realita, fakta dan pengalaman, kali ini bolehlah kita menilik sedikit tentang hasrat. Kereta api memang penuh romansa. Paul Theroux pun terkesima. Menurutnya, tak ada yang lebih ramah dari kereta api. Tak ada minuman yang tumpah, tak ada rasa mabuk darat, tak ada bising mesin yang memekakkan telinga. Terlalu banyak kisah yang dihasilkan dari sebuah perjalanan kereta api. Sejak dulu, saya selalu menganggap perjalanan adalah masa di mana kita paling bebas. Kita tak terbelenggu rutinitas dan tanggungjawab. Untuk sejenak, kita menjadi penonton panggung kehidupan. Sama juga seperti kereta api. Namun, banyak kelebihan yang kita nikmati dengan kereta api. Perjalanan dengan pesawat terbang tak selalu memberikan kita lanskap yang mengagumkan. Perjalanan dengan mobil tidak memberikan kita dialog yang mengesankan, serta rajutan rasa yang sambung-menyambung.

Ada tidak kekurangan dari kereta api? Ada, khususnya bagi mereka yang terburu-buru. Ah, mungkin tidak juga. Di beberapa negara maju, bepergian dengan kereta api sudah lebih mumpuni kecepatannya dibandingkan moda transportasi lain seperti mobil atau pesawat terbang.

Bagi kita yang suka kebebasan, mungkin lebih memilih bepergian naik mobil. Tapi pikirkan lagi: berapa banyak uang yang harus kita keluarkan? Bagaimana jika terjadi masalah? Apa bisa kita melintasi perbatasan negara? Dengan kereta api, bahkan kita bisa merancang perjalanan kita sendiri, dengan berhenti di stasiun yang satu dan langsung menjajaki jalur lainnya. Mungkin juga, telusuri sampai buntu, lalu kembali lagi. Bebas!

Ada beberapa perjalanan kereta api di dunia ini yang patut dijadikan obsesi. Setidaknya obsesi saya pribadi! Mereka mungkin bukan yang terbaik untuk semua orang, tapi sayang kalau dilewatkan karena uniknya lanskap yang mereka lalui!

h3. Kereta Api Keliling Jawa

Ada yang pernah terpikir untuk berputar keliling Jawa dengan kereta api? Telusuri jalur historis peninggalan Belanda, mulai dari Jakarta – Bandung – Yogyakarta – Solo – Yogyakarta – Surabaya – Banyuwangi – Surabaya – Semarang – Tegal – Cirebon – Jakarta. Teman kita Fajar Nugros telah melakukannya. Siapa sangka kalau Belanda yang menyebabkan beroperasinya lebih dari satu stasiun di sebuah kota:

Selain stasiun-stasiunnya, jalur rel dan bantalan yang dipakai hingga sekarang masih warisan Belanda, bahkan kode lokomotif C dan CC masih dipakai hingga kini. Laiknya pemerintah kerajaan Malaysia, yang membangun Twin Tower Petronas dengan menunjuk dua kontraktor yang berbeda. Maka begitulah Pemerintah Belanda di jaman itu, yang menyerahkan pembangunan jaringan kereta api ke pada pihak swasta. Sehingga ada banyak perusahaan kereta api di Hindia Belanda yang saling bersaing memberikan layanan terbaik. Karena itu pula, terkadang di kota-kota besar di Jawa, kita dapat menemukan dua stasiun dengan nama yang hampir sama. Surabaya Gubeng-Surabaya Pasar Turi, Semarang Tawang-Semarang Poncol, Solo Balapan-Solo Jebres, karena dulunya, stasiun-stasiun itu dimiliki oleh perusahaan kereta api yang berbeda. Jadi kata bapak saya, jaman dulu, sudah ada double track yang diatasnya tengah melaju kereta api dengan tujuan sama yang berebut sampai di stasiun akhir!

h3. Kereta Api Singapura – Nong Khai (Perbatasan Thailand – Laos)

Ada dua alternatif di sini. Murah dan mahal. Murah dengan kereta api nasional yang menyeberangi tiga negara: Singapura, Malaysia, Thailand. Lanjutkan dengan bis ke Vientiane, Laos. Alternatif mahal adalah dengan Orient-Express. Benar, kita tak perlu ke Eropa untuk menikmati kereta api supermewah ini. Tapi siap merogoh kocek hampir 20 juta rupiah.

Apa kelebihan rute ini? Nikmati kontras perjalanan dari negara maju (Singapura) ke negara berkembang (Laos). Anda juga bisa memasuki empat negara sekaligus! Seorang wartawan BBC malah melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

h3. Kereta Api Ho Chi Minh City – Hanoi

Reunification Express adalah kereta api yang melintasi Vietnam. Rute ini unik karena mempersatukan negara yang dulunya terbelah dua oleh ideologi. Nikmati lanskap yang kontras antara selatan yang cenderung tropis dan utara yang subtropis. Baca laporan kami sendiri!

h3. Kereta Api Darwin – Adelaide

Disebut sebagai salah satu perjalanan kereta api terpanjang di dunia, rute ini hanya ditempuh oleh satu kereta api yang diberi nama “The Ghan”. Jarak yang ditempuh hampir 3.000 km dan lamanya 48 jam. Anda akan menikmati pemandangan “outback” yang mistis dan magis! Tahukah Anda kalau sebagian besar dataran Australia terdiri dari gurun, dan bagian sentralnya adalah sebuah depresi, yaitu daratan yang lebih rendah dari permukaan laut! Berhenti di Alice Springs, sebuah kota pertambangan yang dekat dengan Ayers Rock.

h3. Kereta Api Auckland – Wellington

Anda pecinta Lord of the Rings? Jelajahi negeri fantasi itu di Selandia Baru. Dengan lanskap yang mirip dengan Skandinavia, pegunungan bersalju cantik dan padang rumput megah membahana, udara yang menyejukkan (dan mungkin menusuk!), tak ada yang seperti Selandia Baru.

h3. Kereta Api San Francisco/Los Angeles – New York

Bayangkan memandangi ladang gandum di Nebraska, sarapan pagi ala Amerika, melewati Grand Canyon, gurun tandus, pohon pinus sebelum sampai di megapolitan dengan gedung-gedung megah. Negara adidaya ini memiliki infrastruktur yang sangat baik, dan kereta apinya sangat nyaman. Harganya juga terjangkau, tidak sampai dua juta rupiah dari pesisir ke pesisir.

h3. Kereta Api Cusco – Machu Picchu

Perjalanan kereta api pendek yang tak sampai 4 jam, melewati jarak 107 km. Kereta api akan mendaki sebelum turun ke Sacred Valley, melewati perkampungan penuh warna dan gerombolan llama. Cobalah kereta api Vistadrome yang punya kaca di bagian atas untuk menambah luas wilayah pandang Anda.

h3. Kereta Api Tokyo – Sapporo

Pernah terpikir melintasi selat untuk mencapai pulau berikutnya dengan kereta api? Ya, seperti di English Channel itu. Tapi ini di Jepang, yang jauh kalah populer. Walaupun kalah populer, terowongan bawah laut Seikan Tunnel yang melintasi Selat Tsugaru antara Pulau Honshu dan Pulau Hokkaido adalah yang terpanjang di dunia.

h3. Kereta Api London – Fort William (Skotlandia)

Mungkin kita tak akan naik kereta api lokomotif klasik seperti di fiksi Harry Potter, tapi tentu kita bisa melewati lanskap yang digambarkan di situ! Britania Raya sudah lama diidentikkan dengan kereta api. Di sinilah sistem transportasi kereta api yang paling tua berada, sejak 1825. Cobalah Caledonian Sleeper, kereta api malam yang melintasi Inggris dari London ke Fort William selama satu malam:

Imagine the convenience of a train that leaves rainy central London after work at 21:16 and arrives at Fort William in the glorious Scottish West Highlands at the foot of Ben Nevis (the highest mountain in Britain) at 09:54 next morning. Imagine a trip where you go to bed as the train speeds through familiar London suburbs at 80mph, then wake up in the middle of nowhere, surrounded by mountains, streams and woods, sunlight streaming through the window, deer bounding away from the train, a diesel locomotive struggling to haul the two sleeping-cars and lounge car up the gradients and around the sharp curves of the scenic West Highland Line at 40mph.

h3. Kereta Api Trans-Siberia

Jalur ini adalah jalur pamungkas, bak ‘ibadah haji’ bagi para penggemar perjalanan kereta api. Tidaklah mudah dan murah untuk menjalaninya, butuh waktu paling tidak tujuh hari untuk melintasi Siberia, baik dari beberapa jalurnya: Moscow – Beijing, Moscow – Ulanbataar, Moscow – Vladivostok. Jalur ini sangat terkenal bagi para backpacker, karena sifatnya yang ekstrim. Walau begitu, bersiaplah untuk dicengangkan dengan lanskap yang luar biasa berubahnya dari awal hingga akhir perjalanan. Inilah satu-satunya kereta api lintas-benua di dunia.

Google Russia punya dokumentasi dan perjalanan virtual menarik untuk jalur ini.

h3. Kereta Api Johannesburg – Cape Town

Tidak pernah ada yang terbayang berwisata ke Afrika Selatan sampai akhirnya heboh Piala Dunia. Faktanya adalah Afrika Selatan merupakan salah satu negara yang punya lanskap mengagumkan dan iklim subtropis yang nyaman. Jangan bayangkan negara Afrika yang super miskin, karena GDP Afrika Selatan salah satu yang tertinggi di benua Afrika. Jaringan kereta api yang dimilikinya pun sudah cukup berkembang dengan baik. Rute paling direkomendasikan adalah Johannesburg – Cape Town atau Pretoria – Cape Town, dengan berbagai pilihan kelas dan jenis kereta api.

h3. Kereta api London – Istanbul

Apa lagi yang lebih menarik daripada menjelajahi benua Eropa dan berbagai negara serta lanskapnya dengan kereta api? Dengan harapan, bahwa di akhir perjalanan ini, kita akan membuka mata di kota Istanbul yang menawan? Kelemahannya adalah kita harus bersedia agak repot sedikit membeli beberapa seri tiket kereta api: London – Paris, Paris – Munich, Munich – Budapest, Budapest – Bucharest, Bucharest – Istanbul. Kabar baiknya, total harga tiketnya sekitar Rp5 juta rupiah untuk satu kali jalan. Beberapa opsi menarik seperti The Orient-Express dan Danube-Express juga ada, jika mampu.

***

Bentang romansa di jalur baja. Banyak kisah yang dibangun di atas rel. Bagi yang tinggal di Pulau Jawa, mungkin sejak kecil sudah sangat familiar dengan kereta api. Mungkin ayah kita pernah mengajak kita untuk pulang ke tempat kakek dan nenek dengan kereta api. Mungkin dari mereka yang mahasiswa, sering melakukan perjalanan singkat bolak-balik antara Bandung-Jakarta atau Solo-Yogyakarta. Mungkin orang tua kita sempat panik di dalam kereta api dalam perjalanan ke kota kita untuk menjenguk anaknya yang sakit di tempat kos. Mungkin ada kisah cinta. Mungkin juga kisah pedih. Seiring pohon dan tebing yang berlalu di jendela, gulungan kisah diurai, dipatri, ditulis dan ketika pulang digulung lagi untuk dibuka kemudian hari. Membuka jalan untuk kisah dan harapan berikutnya.

Disunting oleh ARW 11/07/10