Setelah melihat adanya penemuan baru seorang ilmuwan astro-fisika soal perhitungan matematis yang dapat meningkatkan efisiensi boarding pesawat, saya lantas berpikir, selain keunggulan matematika, tentu saja ada hal lain yang dapat membantu mendorong efisiensi boarding, walau sedikit. Tentu, hal ini belum diuji ilmiah seperti penemuan tadi, tapi saya yakin dapat mengurang sedikit frustrasi. Berikut beberapa tipsnya:

Berkemas ringkas

Rasanya sudah banyak diuraikan berulangkali di blog ini maupun di tulisan saya yang lain, bahwa berkemas ringkas itu penting. Usahakan Anda hanya membawa satu bagasi dalam kabin. Ada alasan kenapa maskapai sangat merekomendasikannya. Pertama, adil dengan penumpang lain agar semua dapat tempat menaruh bagasi di kompartemen atas. Kedua, kenyamanan. Dengan membawa satu bagasi kabin yang ukurannya tidak besar, Anda dengan mudah menaruhnya di atas tempat duduk. Kurangi beban sebisa mungkin agar tidak menunggu lama untuk mengangkatnya.

Lekas duduk di kursi

Banyak penumpang yang saya lihat, setelah menaruh bagasi di kompartemen, malah masih berdiri. Ada yang sibuk ingin bertukar tempat duduk. Ada yang kebingungan mencari tempat duduk. Ada yang ingin ke toilet. Sabar dan teliti kuncinya. Selalu pastikan kursi Anda benar dengan sekali lihat, tentu saja ini butuh latihan. Kalau ragu, masuklah ke dalam baris tempat duduk terlebih dahulu agar tubuh Anda tidak menghalangi laju penumpang lain di gang (aisle).

Disiplinkan grup/keluarga Anda

Jika bepergian bersama keluarga atau grup, pastikan mereka juga tidak memblokir jalan orang lain dan segera menyelesaikan urusan secepatnya. Jika membawa keluarga, apalagi dengan anak-anak, mintalah untuk diprioritaskan.

Hindari menggeret tas beroda

Anda punya tas yang memiliki roda? Kalau bisa, jangan menggeretnya di dalam kabin karena akan mengklaim ruang orang lain dan berpotensi tersangkut. Angkatlah tas itu di depan Anda tanpa digeret.

Jalan terus

Tidak usah menunggu orang lain di kabin atau garbarata. Terus jalan ikuti arus. Berhenti berpotensi menghambat orang lain. Simpan ponsel Anda.

Kursi Window vs. Aisle

Senang duduk di dekat jendela? Jika ya, bersegeralah naik ke pesawat. Hal ini akan memperlancar mereka yang duduk di baris sebelah Anda atau yang di gang/aisle. Ingatlah, berapa banyak orang yang sudah duduk lebih dahulu di kursi dekat gang terpaksa berdiri dulu untuk mempersilakan Anda yang duduk di bagian dalam, dan kemudian menghambat arus?

Selamat bepergian naik pesawat, semoga lancar!