Berikut adalah sedikit tips mengenai bepergian ke Amerika Serikat (A.S.), dalam kasus ini dengan visa kunjungan (B1/B2). Sifatnya tulisan ini tips, informal, dan acak, sehingga ia tidak bisa dijadikan panutan resmi, karena bisa saja ada peraturan yang telah berubah.

* Setiap perjalanan pasti butuh perencanaan jauh-jauh hari. Tetapi untuk negara seperti A.S. dan untuk WNI, prosesnya bisa memakan waktu lebih lama. Karena itu, siapkanlah waktu sejauh-jauhnya 6 (enam) bulan sebelum rencana keberangkatan.
* Aplikasi visa ke A.S. butuh wawancara yang harus dihadiri secara fisik langsung oleh yang bersangkutan di kedutaan A.S. di Jakarta. Kadang-kadang waktu menjadi isu, oleh karena itu rencanakanlah dengan matang. Jika perjalanan Anda disponsori oleh sebuah even, organisasi atau perusahaan, mintalah lembaga yang bertanggungjawab untuk membuatkan surat dukungan yang harus dibawa pada saat wawancara. Lembaga Anda juga mungkin dapat membantu mengatur jadwal yang sesuai untuk wawancara tersebut.
* Pastikan paspor Anda berlaku setidaknya 1 (satu) tahun ketika merencanakan aplikasi visa A.S..
* Pastikan Anda telah melakukan studi menyeluruh terhadap keperluan dan syarat aplikasi visa A.S., baik melalui situs web resmi kedutaan A.S. atau sumber-sumber resmi lainnya.
* Khusus mengenai pas foto: ukurannya 5 cm x 5 cm, ini mungkin berbeda dengan ukuran pasfoto ala Indonesia, dan latar belakang harus putih. Seluruh bagian dari wajah mesti kelihatan bersama dengan pundak. Jangan sampai ada bagian wajah yang terpotong, karena wawancara Anda bisa tertunda hanya karena hal sepele seperti itu. Tidak ada ketentuan resmi mengenai pakaian. Usahakan memakai jasa fotografi profesional (studio).
* Pada hari wawancara: datanglah sangat awal, karena antrian bisa bertambah sangat drastis dalam beberapa menit saja. Para pencari visa bahkan sudah ada yang datang pukul enam pagi, bahkan kurang. Luangkan waktu sekitar 4 – 6 jam untuk wawancara itu, dan bisa saja Anda harus berdiri selama 4 – 5 jam. Mengertilah prosedur dan ikut instruksi dengan sangat baik. Lebih baik tidak mengenakan atau membawa metal (seperti sabuk, atau jam tangan). Kalau bisa juga jangan bawa ponsel dan alat elektronik lain seperti kamera atau laptop. Semua barang itu akan ditinggal di sebuah kaunter. Jangan lupa membawa paspor, surat dukungan dan dokumen-dokumen lain yang mendukung, jika ada. Siapkan uang pembayaran di muka.
* Waktu pengambilan visa biasanya satu minggu hingga tiga minggu setelah wawancara. Jika Anda berusia 19 sampai 45 tahun, pria, waktu tunggu kemungkinan lebih lama hingga empat mingguan. Saya tidak tahu waktu tunggu untuk jenis visa lain.
* Di bandara Jakarta: Lakukan _check-in_ sangat awal. Ini perjalanan jauh! Bahkan untuk lokasi yang paling dekat sekali pun, Hawaii, membutuhkan waktu paling tidak 10 – 15 jam! Ketika _check-in_, Anda mungkin akan ditanya dari awal di mana Anda menginap (hotel, rumah teman/saudara) beserta alamat lengkapnya, dan berapa lama serta apa tujuan Anda ke A.S. Karena itu, siapkanlah informasi tersebut dari awal. Pastikan bagasi Anda diteruskan langsung ke tujuan final Anda, jadi Anda tidak perlu mengkonfirmasi atau _check-in_ ulang bagasi Anda di bandara transit.
* Apa yang harus Anda kenakan dalam perjalanan jauh? Apa yang harus Anda bawa dalam kabin? Hal ini berbeda-beda bagi setiap orang, tetapi rekomendasi saya adalah kenakan pakaian yang sangat nyaman dan gunakan sepatu yang mudah dilepas dan ergonomis (misalnya sepatu olahraga, atau sandal yang nyaman namun tetap tertutup/sepatu-sandal, ber-kaus kaki). Dalam cabin baggage Anda, masukkanlah baju hangat lengan panjang, laptop, DVD player (jika perlu), buku, kamera saku (kalau ada), ponsel, tas kecil berisi dokumen penting seperti paspor, organizer/folder untuk dokumen-dokumen penting, kaus kaki, sisir, syal jika perlu. Jangan bawa benda-benda cair seperti balsem atau kosmetik. Obat-obatan mesti jelas tujuannya dan bersiaplah untuk mendeklarasikannya.
* Ketika sampai di bandara A.S., jika Anda seorang pria berumur 19 – 45 tahun, bersiaplah untuk “_Secondary Registration_”, sebuah prosedur inspeksi sekunder setelah kaunter imigrasi normal. Anda akan diwawancara ulang secara menyeluruh, mulai dari sifat dan tujuan kunjungan, di mana Anda tinggal dan berapa lama, hingga latar belakang Anda seperti sekolah/universitas, dan orang tua Anda (tips: ingat tanggal lahir mereka)! Maka dari itu siapkanlah fisik dan mental Anda karena tergantung dari siapa yang mewawancara Anda, prosedur ini bisa memakan waktu hingga 3 jam!
* Ketika hendak meninggalkan bandara A.S.: Anda harus melakukan prosedur _check-out_ yang berbeda dari prosedur kaunter imigrasi normal, karena memang tidak ada kaunter imigrasi normal! A.S. memberlakukan sistem yang berbeda – untuk beberapa negara yang termasuk _visa waiver_ (negara yang tak perlu visa untuk kunjungan sosial ke A.S.), mereka melakukan _check-out_ dengan mesin yang bentuknya seperti ATM, secara elektronik. Sedangkan untuk negara-negara ‘dunia ketiga’ seperti Indonesia, prosedur _check-out_ dilakukan secara manual di sebuah kantor kecil yang berjudul “Special Alien Registration”. Ketika saya di San Francisco International Airport (SFO), kantornya agak tersembunyi, dan kecil, sehingga harus proaktif bertanya kepada petugas di situ. Di kantor ini, paspor Anda akan di-“cop” (stempel imigrasi) telah resmi keluar A.S. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan check-in ke maskapai penerbangan bersangkutan.

Begitulah tipsnya berdasarkan pengalaman saya yang sangat terbatas. Jika ada kesempatan untuk berkunjung lagi ke A.S., dan menemukan ‘pencerahan’ baru, akan saya tulis di sini. Sementara itu, jika ada di antara Anda yang ingin ikut menyumbangkan saran, silakan kirimkan kami tulisan Anda!