Penghujung akhir tahun sudah dekat. Ada rencana ke mana untuk liburan akhir tahun ini? Berikut beberapa situs web yang kiranya bermanfaat dalam merencanakan perjalanan Anda:

Visa

Memenuhi dokumen yang diperlukan untuk memperoleh visa terkadang dirasakan merepotkan, surat undangan, bukti pemesanan hotel atau paket wisata, bukti pemesanan tiket pulang pergi, surat sponsor, jaminan keuangan, hingga entry permit khusus untuk daerah-daerah tertentu walaupun visa negara bersangkutan sudah di tangan. Tidak dipungkiri akhirnya pejalan akan memilih negara yang dapat dikunjungi dengan syarat yang lebih mudah seperti negara bebas visa atau dengan fasilitas visa on arrival. Cek situs Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk daftar negara yang dapat dikunjung bebas visa atau halaman Wikipedia ini untuk negara dengan fasilitas visa on arrival. Untuk informasi yang lebih akurat mengenai jenis paspor yang anda gunakan, visa, peraturan kesehatan, kepabeanan dan informasi bandara, cek situs web IATA Travel Centre.

Walaupun sudah dipastikan pemegang paspor biasa Indonesia bisa mendapatkan visa on arrival atau bebas visa, ada baiknya mengecek ulang ke kantor perwakilan negara bersangkutan atau lihat situs Kementerian Luar Negeri Indonesia, terutama untuk negara-negara yang tidak populer di kalangan pejalan Indonesia. Di situs tersebut juga bisa didapatkan kantor perwakilan Indonesia di negara lain, catat alamat kantor perwakilan Indonesia di negara yang akan Anda kunjungi, bermanfaat apabila warga negara Indonesia mengalami masalah selama dalam perjalanannya, kehilangan paspor misalnya.

Travel Warning

Situs pemerintah AS ini memiliki informasi travel warning terkini seperti bencana alam, keamanan di negara-negara yang sedang bergejolak atau memiliki hubungan bilateral yang tidak baik. Meskipun travel warning ini lebih diperuntukkan bagi warga negara Amerika Serikat, tidak ada salahnya mencari tahu situasi keamanan negara yang akan Anda kunjungi. Kementerian Luar Negeri Indonesia juga memiliki informasi serupa untuk warga negara nya yang akan melakukan perjalanan atau yang sedang berada di negara lain. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh melanjutkan rencana perjalanan Anda, waspada itu penting.

Maskapai Penerbangan

Sudah memastikan negara tujuan berlibur? Kini saatnya memburu tiket pesawat. Expedia, Kayak dan Cheap-o-Air merupakan beberapa mesin pencari yang cukup populer di kalangan pejalan untuk mendapatkan informasi atau membandingkan harga tiket pesawat. Cek juga mesin pencari penerbangan ini yang baru saja dimiliki Google. Untuk mendapatkan harga yang terbaik, cek silang ke situs maskapai bersangkutan.

Perlu diketahui, umumnya mesin pencari penerbangan yang melayani pemesanan melalui mereka atau mengarahkan ke situs web maskapai penerbangan tertentu hanya akan menampilkan pilihan maskapai yang memiliki kerjasama, dalam arti mendapatkan komisi penjualan dari maskapai tertentu. Itu sebabnya Anda tidak akan menemui maskapai penerbangan murah seperti Air Asia, Value/Jetstar Airways, Tiger Airways dan sebagainya di mesin-mesin pencari tersebut.

Apabila sudah memastikan memesan tiket, kini saatnya memilih tempat duduk. SeatGuru akan memberikan informasi di mana tempat duduk terbaik.

Penginapan

Agoda dan Hostelbookers hanya beberapa situs web pemesanan hotel dan hostel yang menyediakan berbagai pilihan penginapan di berbagai negara. Coba juga cari situs web pemesanan lokal negara tujuan Anda. Sama seperti prinsip memilih maskapai penerbangan, cek ulang dengan situs web penginapan yang bersangkutan untuk mendapatkan harga yang terbaik.

CouchSurfing menyediakan tempat gratis untuk menginap di rumah orang lokal yang bersedia menampung Anda untuk beberapa hari di kota yang akan Anda kunjungi. Sekarang jasa ini tidak sepenuhnya gratis, untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini diperlukan biaya verifikasi sebesar US$5 (sekitar Rp50.000).

Pertukaran rumah, menggantikan atau menjaga rumah orang lain ketika yang punya rumah sedang bepergian atau sambil menyelam minum air bekerja sampingan menjaga rumah orang lain sepertinya juga menarik. Tapi ini semua tidak gratis, dikenakan biaya tahunan.

Rencana Aktivitas

Ini yang paling menarik, mempelajari ulasan negara yang akan dikunjungi, informasi dasar negara bersangkutan mulai dari informasi pengunjung, waktu kunjungan, jadwal festival atau agenda acara, mata uang, tips pengunjung, makanan dan minuman lokal, sejarah, seni dan kebudayaan, ulasan objek wisata, dan masih banyak lagi. Infomasi ini sangat mudah didapat di situs web pemandu perjalanan seperti Lonely Planet! Jangan lupa mampir di Thorn Tree, forum yang membahas berbagai pertanyaan dan rekomendasi oleh sesama pejalan. Ada pula Frommers yang di samping memiliki forum serupa, juga menyediakan rekomendasi rencana perjalanan. Beberapa situs lain seperti MyDestination dan National Geographic City Guides juga menarik untuk dibaca dengan beragamnya artikel perjalanan yang membahas lebih detil untuk topik tertentu.

Anggaran

Bisa dilakukan sendiri secara manual dengan menggunakan program spreadsheet dan memasukan data kebutuhan pengeluaran. Tapi coba mampir ke kalkulator perjalanan bujet ini, barangkali saja ada beberapa elemen pengeluaran yang terlupakan.

Cuaca

Semuanya sudah dipersiapkan secara detil, kini saatnya membuat daftar apa saja yang harus dibawa. Jangan lupa mengecek cuaca tempat tujuan Anda di WeatherBase, jangan sampai salah kostum. 

Selamat berlibur.

  • Disunting oleh SA 29/11/11