Salah satu masalah ketika bepergian ke luar negeri adalah kebutuhan paket telepon dan data. Paket data bisa jadi adalah masalah yang lebih penting saat ini karena hampir semua kegiatan di telepon atau perangkat mobile kita dilakukan over the cloud atau melalui internet.

Sudah tidak zaman lagi kita berkirim SMS, kita akan bertukar pesan melalui aplikasi ngobrol seperti WhatsApp, Line atau iMessage. Sudah tidak zaman lagi kita mengkhawatirkan bertelepon mahal ke keluarga di tanah air, karena kita sudah bisa menggunakan Skype atau Google Hangout. Semua dalam satu tarif yang jauh lebih ekonomis. Selain itu, kebutuhan navigasi di daerah tujuan menjadi hal lain yang penting. Dengan Google Maps atau aplikasi peta lain, kita tak perlu bertanya jika sesat di jalan. Kita bisa lihat ulasan restoran atau atraksi tertentu sebelum mencobanya agar tidak kerugian. Kita tahu jarak dan waktu yang harus ditempuh dari titik A ke titik B. Bagi yang senang ngeblog atau beraktivitas di media sosial, kebutuhannya lebih konstan dari menit ke menit.

Wi-Fi Router
Wi-fi router.

Jika kita melakukan perjalanan ke Singapura, misalnya, ada beberapa alternatif untuk mendapatkan paket data ini. Yang pertama, kita bisa menyewa paket telepon seluler lokal. Namun, seringkali kecepatannya tidak terlalu mencukupi dan repot registrasi. Yang kedua, kita bisa mengaktifkan roaming data pada paket seluler dari Indonesia, namun bisa jadi mahal per harinya. Yang ketiga, kita bisa menyewa mobile wi-fi router yang tersedia di bandara Changi, yang disediakan oleh Changi Recommends. Opsi kedua ini bisa dicoba dan cukup direkomendasikan. Dengan tarif sewa S$10 per hari, saya dapat mengakses internet di seluruh pelosok Singapura menggunakan jaringan 4G dengan kecepatan tinggi dan kuota tak terbatas. Router ringan yang mudah dibawa ke mana-mana jadi kemudahan tersendiri, apalagi jika bisa dihubungkan dengan hingga delapan perangkat seperti ponsel, tablet dan laptop. Tidak perlu instalasi juga!

Ada dua cara untuk mendapatkan mobile wi-fi router ini di Bandara Changi. Ketika baru datang, anda bisa langsung walk-in ke kaunter penjualan Changi Recommends di Terminal 1, Terminal 2 maupun Terminal 3. Untuk lebih jelasnya, perhatikan peta ini.

Peta terminal lokasi kaunter Changi Recommends
Peta terminal kaunter Changi Recommends.

Yang kedua, anda bisa reservasi perangkat ini secara online terlebih dahulu. Buka formulir online ini dan isilah paling lambat tiga kali 24 jam (tiga hari) sebelum hari keberangkatan. Setelah itu, cetak email konfirmasi (dalam satu hari kerja). Pada hari kedatangan anda di Bandara Changi, pergi ke kaunter penjualan yang sama dengan di atas dan bayar deposit, anda sudah bisa mendapatkan router-nya!

Ketika menyewa router ini, jangan lupa siapkan hasil cetak konfirmasi email (jika membuat reservasi online), paspor yang sah, serta kartu kredit (deposit S$200, digunakan hanya jika router dan aksesorisnya hilang).

Kaunter Changi Recommends
Kaunter Changi Recommends.

Melayani dengan ramah
Melayani dengan ramah.

Nikmatilah router ini di mana pun anda berada di Singapura. Cara menggunakannya pun mudah: nyalakan router, nyalakan wi-fi pada perangkat anda, lalu sambungkan dengan SSID dan key wi-fi yang tertera di belakang router.

Pembayaran dilakukan terakhir sebelum ada berangkat di kaunter penjualan Changi Recommends di Bandara Changi.

Untuk para pembaca sekalian, nikmati diskon 20% Mobile Wifi Router dengan minimum penyewaan 3 hari. Silakan reservasi online dan masukkan kode promosi “ROUTER20”. Promosi valid dari 17 Oktober hingga 31 Desember 2014.