Ketika kita bepergian baik itu jauh maupun dekat dengan durasi yang panjang, kita cenderung untuk mengemas banyak sekali bawaan. Seringkali kita lupa dan kalap sehingga jumlah tas yang dibawa melebih kapasitas, atau beratnya seperti membawa batu! Ketika pulang, baru kita menyadari bahwa ternyata yang dipakai hanya sebagian. Sisanya ternyata hanya memberatkan bawaan, apalagi jika sampai harus masuk bagasi pesawat dan harus menunggu bagasi di karousel bandara.

Tahukah Anda, menurut situs OneBag, overpacking adalah salah satu kesalahan terbesar dalam melakukan perjalanan! OneBag.com mengusung konsep satu tas carry-on (jinjing) dimana semua keperluan kita selama perjalanan, tidak peduli berapa lama, harus cukup dalam satu tas. Berikut alasan-alasannya:

Keamanan

Berapa banyak dari bagasi yang kecolongan dan hilang? Dengan hanya satu tas yang dibawa dalam kabin pesawat, seluruh tanggungjawab pengawasan jatuh pada diri kita sendiri. Untuk moda transportasi lain, pada prinsipnya, kita tak perlu menitipkan tas kita pada orang lain (baca: berpindah tangan), sehingga menurunkan resiko pembobolan dan kehilangan. Satu hal lagi, Anda tak perlu berlama-lama di proses x-ray atau lapisan keamanan di mana pun.

Ekonomi

Kita tak perlu membeli banyak tas, cukup sedikit tas dengan kualitas yang prima. Kita tak perlu membayar porter untuk membawakan tas-tas kita. Kita terhindar dari biaya bagasi berlebih (excess baggage) yang bisa ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan rupiah kalau di luar negeri! Bayangkan juga manfaat berikut: kita bisa menggunakan transportasi umum seperti bis dan kereta api tanpa susah, menghindarkan kita dari biaya taksi atau limo yang mahal.

Fleksibilitas

Kita bisa menghindari antrian panjang check-in bagasi (di bandara-bandara tertentu), datang lebih telat dan menikmati perjalanan ke bandara, misalnya. Kalau ada penundaan penerbangan atau pengalihan, kita tak perlu mengurus bagasi. Dalam kasus transit di beberapa kota, kita juga tak perlu khawatir apakah bagasi akan terus sampai ke tujuan akhir. Kebebasan waktu dan kegiatan ada di tangan kita!

Ketenangan Pikiran

Sama halnya seperti memiliki harta atau anak yang banyak, banyak pula yang dipikirkan. Apakah ada yang ketinggalan, kekurangan, kehilangan. Membawa lebih dari satu bawaan (apalagi lebih) membuat kita semakin cemas.

Lingkungan

Selain itu, kita juga tidak usah terlalu lama mengepak dan membereskan barang-barang, kita tidak membebani moda transportasi dan menghemat bahan bakar. Kita mendorong produsen tas untuk menciptakan tas yang all-in, tahan lama dan ringkas, sehingga menggunakan lebih sedikit bahan baku.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengepak pakaian untuk perjalanan satu minggu, satu bulan dan bahkan berbulan-bulan dengan hanya satu tas?

Masih menurut OneBag, kita harus membuat sebuah checklist barang yang punya kemungkinan untuk dibawa. Perlu dicamkan bahwa checklist adalah semacam panduan kebutuhan kita dalam seluruh kemungkinan perjalanan (destinasi, maksud perjalanan, kegiatan, dan lain-lain) dan tidak seluruhnya harus dibawa. Setiap perjalanan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tetapi dalam setiap perjalanan isi tas kita harus berasal dari checklist yang sudah ada, tidak lebih. Anda bisa menyesuaikan checklist dari waktu ke waktu. Perlu diingat juga jika seluruh barang di dalam checklist ini dibawa, maka seluruhnya harus muat dalam satu tas saja. (Perlu ide? Silakan baca Ide Isi Ransel).

Pertanyaan berikutnya: tas macam apa yang cocok? Tentunya, pemilihan tas sesuai selera dan anggaran, pada prinsipnya harus bisa dibawa dengan mudah dan tidak memberatkan. Tiga hal utama dalam memilih tas adalah portabilitas, kualitas dan sesuai dengan regulasi. Hal berikutnya, untuk memaksimalkan ruang, maka kita harus mendapatkan tas yang dimensinya persegi, bukan bulat, bukan oval. Dalam kasus ini kita harus mengucapkan selamat tinggal pada tas dorong yang memiliki roda!

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, silakan kunjungi OneBag.