Berjemur di bawah terik matahari
Berjemur di bawah terik matahari.

Jika Anda seorang pencinta pantai, Anda mungkin sudah mendengar tentang pulau Bintan yang terletak di provinsi Kepulauan Riau. Namanya sudah cukup terkenal dan selalu sukses membuat orang penasaran. Termasuk saya, sebelum saya mengunjunginya, pulau ini selalu membuat saya penasaran.

Akhirnya rasa penasaran saya terhadap pulau Bintan pun sirna, akhir Februari lalu saya berhasil mengunjungi pulau Bintan untuk menengok keindahannya. Ada dua hal yang identik dengan pulau Bintan, dua hal itu pula yang menjadi alasan bagi saya untuk mengunjungi pulau Bintan, yaitu pantai dan resort.

Salah satu sudut pantai
Salah satu sudut pantai.

Nyiur melambai
Nyiur melambai.

Cara terbaik untuk menuju pulau Bintan dari Jakarta adalah dengan penerbangan langsung ke Tanjung Pinang, Batam atau Singapura. Dari Batam, perjalanan akan dilanjutkan menyeberang dengan speed boat, begitupun dari Singapura bisa dilanjutkan menyeberang dengan speed boat.

Saya mengunjungi pulau ini dari Batam, mengambil penerbangan paling pagi dari Jakarta menuju Batam. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menyeberang selat dari Pelabuhan Punggur. Pada sore yang cerah, perahu mulai bergerak ke arah selatan meninggalkan Pelabuhan Punggur, laut terlihat sangat jelas dan biru. Hanya membutuhkan waktu lima belas menit saya tiba di Pelabuhan Tanjung Uban dan kemudian di jemput oleh teman saya untuk menuju Bintan Resort.

Bintan Resort adalah tujuan utama saya saat mengunjungi pulau Bintan. Pasalnya, tempat ini memiliki daya tarik yang kuat dari keindahan resort dan pantainya. Banyak tempat menarik di Bintan Resort, tempat pertama yang saya kunjungi adalah pasar oleh-oleh. Tempat ini merupakan pusat penjualan cinderamata yang dibentuk untuk mempromosikan budaya, seni dan kerajinan Indonesia. Di tempat ini terdapat barang kerajinan budaya, pakaian dan aneka kuliner, semuanya tersebar di lebih dari 20 outlet. Selanjutnya ke seberang pasar oleh-oleh saya mengunjungi Kampoeng Lago, di sini saya menemukan banyak tempat spa.

Hari berikutnya, saya pergi ke Nirwana Garden Resort. Dari luar, resort ini terlihat begitu mewah dan begitu dimasuki, tentu saja dalamnya ternyata mewah pula. Saya berkeliling di resort, kolam renang dan pantai sekitar yang sangat indah.

Jetski yang disewakan
Jetski yang disewakan.

Nirwana Garden Resort
Nirwana Garden Resort.

Ada beberapa pantai indah di pulau Bintan. Salah satunya adalah pantai yang terletak di Nirwana Garden Resort. Pantai di sekitar Nirwana Garden Resort sangat bersih dan alami. Saya menikmati berjalan di sepanjang pantai, sambil melihat air yang tampak berkilauan seperti kristal karena terkena sinar sang surya dan saya menikmati setiap langkah saya di pasir yang begitu lembut. Saya melihat ke sekeliling dan melihat wajah-wajah pengunjung dengan suka citanya menghabiskan waktu di Bintan. Ada yang berenang dan ada yang menikmati berjemur di pantai tanpa terganggu dan ada pula yang menikmati fasilitas olahraga air di sekitar pantai.

Saya melangkah ke pantai sebelah yaitu pantai Mayang Sari. Pantai ini cocok dijadikan tempat untuk mendapatkan sinar matahari yang hangat. Banyak orang menikmati berjemur di bawah terik matahari. Pantainya sepi dan tidak terlalu ramai. Seorang teman menjelaskan bahwa Bintan Resort adalah tujuan wisata yang relatif populer, terutama bagi turis dari Singapura.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi salah satu bagian terindah Indonesia, Pulau Bintan dapat menjadi pilihan terbaik untuk liburan. Have fun!