Penggemar olahraga ski atau bukan, anda wajib mengunjungi Mount Buller apabila anda (baik sendiri maupun bersama keluarga) sedang mengunjungi Melbourne di saat musim dingin (Juni-Agustus). Terletak 208 kilometer di sebelah timur kota Melbourne dan dapat di tempuh dalam 3 jam perjalanan darat, anda bisa mencapai Mount Buller yang memiliki area bermain ski seluas 300 hektar.

Fasilitas baik untuk bermain salju maupun sarana penunjang di Mount Buller sangat lengkap. Mulai dari fasilitas bermain salju untuk anak anak (terdapat dua lapangan toboggan), area bermain ski untuk pemula (tersedia juga instruktur untuk yang ingin belajar ski) sampai lereng lereng curam untuk yang sudah mahir. Asyik, bukan?

Area Ski Mount Buller

Untuk yang hanya ingin leyeh-leyeh (karena faktor usia ataupun faktor lainnya), duduk di depan restoran/kafe sambil melihat pemandangan juga tak kalah mengesankan. Apalagi sambil di temani secangkir kopi hangat dan sepotong cheese cake.

Untuk yang kalap ingin bermain salju, mohon berhati-hati saat berjalan karena area bermain salju ini menyatu dengan area untuk belajar ski. Jangan sampai seperti kejadian istri saya yang sudah berjalan di pinggiran untuk pejalan kaki tapi masih ditabrak dari belakang, karena si pemula masih belum bisa rem dan akhirnya nyelonong kepinggiran dan menabrak istri saya. Efeknya dahsyat, istri saya yang biasanya bicara bahasa Inggris dengan aksen patah-patah, tiba-tiba menjadi lancar sambil memberi “kuliah” ke si penabrak. Saya yakin setelah itu si penabrak akan trauma untuk bermain ski lagi!

Bila ingin ke sana, selain menyetir sendiri, bisa juga mengikuti tur sehari yang berangkat dari Melbourne. Ada beberapa agen perjalanan yang bertetangga di Federation Square (sebelah Flinder St. Station) yang menawarkan tur ke Mount Buller. Silahkan membandingkan harga yang ada, kadang ada yang sedang menawarkan promosi dengan harga miring. Tidak usah khawatir dengan servis karena mereka sudah memiliki standar yang sama. Tak jarang, apabila sedang sepi, peserta dari beberapa agen akan digabung jadi satu bus.

  • Disunting oleh SA 18/12/2013