Bontang adalah kota kecil di wilayah Kalimantan Timur. Bontang secara resmi menjadi kota pada 1984. Pembangunan di Bontang terjadi setelah dua perusahaan pertambangan didirikan di sini pada 70-an, yaitu PT Badak Liquid Natural Gas dan PT Pupuk Kaltim, yaitu pada 1974, dan Pupuk Kaltim tiga tahun sesudahnya. Dua perusahaan ini bergerak dalam bidang pertambangan, khususnya gas alam dan pupuk. Secara geografis, daerah ini cukup berawa, kadang banjir, tapi terletak di dekat pantai.

====

Mungkin Anda tidak sengaja sampai di Bontang, sebab kebanyakan orang yang pergi ke Bontang adalah untuk urusan pekerjaan di dua perusahaan di atas. Kota ini letaknya cukup jauh, sekitar 4-5 jam dengan kendaraan darat dari Balikpapan dengan melewati Samarinda (ibukota Kalimantan Timur). Meskipun Bontang memiliki bandara, tapi penerbangan reguler terdekat yang dilayani hanyalah sampai Balikpapan.

Belajar di atas Laut

Nah, bila Anda di kota ini, jangan lupa menikmati kota ini yang juga mempunyai banyak budaya, khususnya Dayak (meski kami belum pernah menikmatinya). Atau jangan lupa berkunjung ke Bontang Kuala. Daerah ini ditetapkan sebagai daerah wisata, tempat bermukimnya warga asli Bontang. Keunikan tempat ini adalah, rumah warga terbuat dari kayu ulin yang kuat, berdiri tegak di atas laut luas. Makanan laut tentunya sangat melimpah dan bisa dinikmati di hampir banyak kedai dan tempat makan di kota kecil ini. Tentu hati-hatilah menjaga konsumsi cumi, kepiting, dan udang itu agar tidak berlebih karena kolesterol itu sangat menghantui.

Kampung di atas air, Bontang

Sumber: Bontang di Wikipedia Indonesia dan Inggris.
Foto-foto: koleksi penulis diambil sekitar 2006

Pemutakhiran: SA/ARW-100210