Artikel

Menu

Tempat

Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand (BKK)

dalam kategori Tempat ditulis oleh

Bandara Suvarnabhumi

Bandara Suvarnabhumi (kode IATA: BKK, ICAO: VTBS), juga dikenal sebagai Bandara Internasional Bangkok, adalah bandara internasional yang melayani wilayah Bangkok, Thailand. Bandara ini resmi dibuka untuk penerbangan terbatas pada 15 September 2006, dan dibuka untuk semua rute domestik dan internasional pada 28 September 2006. Kode nama BKK diturunkan dari nama Don Mueang setelah bandara lama itu meniadakan penerbangan internasionalnya.

Koridor ruang keberangkatan Suvarnabhumi

Bandara ini terletak di Racha Thewa di distrik Bang Phli, provinsi Samut Prakan, sekitar 25 km timur Bangkok. Nama Suvarnabhumi dipilih sendiri oleh Raja Bhumibol Adulyajed, merujuk pada kerajaan emas yang diduga berada di Asia Tenggara (Thailand, red). Bandara ini didesain oleh Helmut Jahn dari Murphy/Jahn Architects. Badana ini mempunyai menara kontrol tertinggi di dunia (132.2 m), dan bangunan-tunggal bandara ke-3 terbesar di dunia (563.000 kmĀ²). Bandara ini merupakan bandara tersibuk di Asia dan juga pertemuan jalur kargo yang utama.

Churn Milk Sculpture
Copyright Wikipedia

Melihat bandara ini, yang terlihat adalah struktur dan imaji modernitas. Gaya dan arsiteknya modern. Warna metalik adalah mayoritas, dengan kerangka dan penyangga terlihat terbuka. Namun warna siluet biru menghias kerangka logam itu dan nyalanya membuat pendar-pendar indah. Kaca adalah struktur utama yang sangat berperan dalam menunjukkan gaya arsitektur ini. Kerangka penyangga tampak kokoh memamerkan kekuatannya dan ini memang sengaja ditunjukkan oleh desainernya. Selain itu, struktur dan siluet melengkung, pola atap memang seperti bongkah telur yang banyak, adalah mayoritas. Untuk mengimbangi modernitasnya, bandara ini menambahkan instalasi seni yang bergaya Thailand seperti di area keberangkatan yang akan segera terlihat segera setelah melewati imigrasi, juga patung besar di area kedatangan (lantai dua atau satu?).

Peta Lantai Empat Bandara Suvarnabhumi
Klik untuk melihat gambar ukuran lebih besar

Fasilitas yang ada di bandara ini: berbagai restoran makanan siap saji dari berbagai jaringan internasional, makanan Asia atau Thailand, dan juga beberapa restoran dan toko yang buka 24 jam di area keberangkatan. Area ruang tunggu bahkan menyediakan lebih banyak pilihan lagi selain melimpahnya toko bebas pajak menjual berbagai produk bermerk internasional. Telepon umum berbayar kartu kredit juga melimpah di area keberangkatan di lantai empat dan beberapa di lantai lainnya. Umat muslim jangan khawatir untuk mendapat makanan halal karena ada beberapa toko yang khusus menjualnya (ada tiga atau empat) di keberangkatan, entah di area tunggu. Jangan khawatir pula, ada musholla yang sangat representatif di lantai tiga.

Bila Anda melakukan perjalanan ke banyak negara Asia, atau melakukan perjalanan ke Amerika dan negara utara lainnya, kemungkinan banyak akan melalui bandara ini. Mungkin ini bukan bandara terbaik di dunia, terlebih dari fasilitas untuk pelancong yang melakukan transit, tapi saya mempunyai pengalaman tak terlupakan di bandara ini.

Sumber: Wikipedia

Arif Widianto Arif Widianto adalah pendiri dan desainer produk di Digdaya. Ia saat ini tinggal di kota ukir Jepara, Jawa Tengah. Suami dari Yani. Ayah Sofia dan Sonia.

MEDIA SOSIAL

LANGGANAN