Sepuluh hari sesungguhnya waktu yang singkat. Namun ia cukup untuk mengenalkan kita, meski secara singkat, dengan wajah negara tetangga kita.

Sepuluh hari adalah juga jumlah rata-rata cuti yang cukup diperbolehkan hampir semua perusahaan, sehingga rencana perjalanan dalam rentang waktu ini tentu bisa dilakukan. Tambahkanlah empat hari, maka ia akan cukup untuk mengarungi paling tidak empat negara, masing-masing tiga hari (dengan dua hari lainnya habis di perjalanan).

Bagaimana, kemana, dan apa yang akan kita lakukan tentu akan sangat banyak variasi. Tulisan ini adalah tentang rencana perjalanan 10 hari dengan berbagai sudut pandang dan pertimbangan.

Berdasarkan Negara

* Singapura dua hari bila Anda ingin mengenal singkat negara kecil ini. Jadikan tiga hari maka itu jumlah yang cukup untuk melihat dari ujung ke ujung. Singapura juga menawarkan tatanan negara yang rapi, fasilitas modern, dan juga jendela ke sejarah Melayu, taman, dan hiburan yang cukup lengkap.
* Malaysia Ini adalah negara besar. Tidak mungkin menelusuri negara ini dalam 10 hari. Juga tidak mungkin menjangkau wilayah barat (semenanjung) dan timur sekaligus. Malaysia menawarkan arsitektur, sejarah Melayu, dan makanan khas serta berbagai tempat indah.
* Thailand juga negara yang besar dan luas. Juga tidak mungkin menjangkau seluruh thailand. Tapi kita bisa memfokuskan ke beberapa tempat di Thailand, dan menikmatinya. Thailand menawarkan candi yang indah, perjalanan sungai, pantai, budaya Budha yang khas, dan makanan enak. Thailand mempunyai daya tawar menarik, murah. Maka tak heran wilayah ini banyak menjadi pilihan pelancong. Pendapat kami, Anda bisa memfokuskan perjalanan 10 hari dengan lebih banyak di negara ini.
* Brunei Darussalam meski tidak begitu menawarkan variasi perjalanan, negara kecil sumber minyak ini menawarkan masjid, museum, dan taman yang indah dengan khasanah Islam yang khas.
* Kamboja juga sangat menarik, yang paling terkenal tentu saja komplek candi Angkor Wat. Kamboja juga menawarkan museum, pantai dan pulau indah, serta budaya yang khas.
* Laos menawarkan keindahan khas tersendiri terutama candi, kota, kebudayaan yang berbau Perancis, tapi juga tantangan terutama jalanan yang belum memadai di seluruh wilayahnya.
* Myanmar sesungguhnya negeri yang cantik dan unik. Tapi karena alasan keamanan, negara ini menjadi pilihan yang kurang begitu dilihat. Myanmar menawarkan candi Budha, wilayah air yang indah, dan trekking.
* Filipina adalah negara unik dengan kemampuan bahasa Inggris warganya yang cukup banyak. Filipina menawarkan pantai yang indah, trekking, kota metropolis yang riuh, dan juga budaya yang kental dengan pengaruh Spanyol dan Amerika.
* Vietnam menarkan wisata air yang indah, kota modern yang riuh, dan juga wilayah perawan yang seru.

Pertimbangan

* Bila Anda belum pernah ke salah satu negara tersebut di atas, pilih yang paling rasional dan Anda inginkan. Dengan 10 hari, kami sarankan cukup tiga atau maksimal empat negara. Dan itu pun kunjungan sangat singkat dan perlu stamina tinggi.
* Bila Anda sudah pernah di salah satu negara, tentu bisa diabaikan dan fokus ke negara-negara lain. Pertimbangankan pula masalah transportasi. Negara-negara yang lebih dekat tentu lebih menarik bila dapat dilalui dengan transportasi darat. Bila Anda punya bujet lebih, transportasi melalui udara tentu pilihan yang tak melelahkan.
* Pertimbangan kemampuan bujet dan fisik. Perjalan antar negara sangat melelahkan. Apalagi lewat darat, dan dengan asumsi lebih banyak menghabiskan malam dalam perjalanan (tidur di bus atau kereta), tentu akan sangat menantang tapi juga capek. Pertimbangkan. Jangan lupa terlalu mengumbar tujuan, bisa jadi sudah boros tiket, tapi di negara tujuan hanya dapat capeknya juga dan malas ke mana-mana.

Dari pengalaman melakukan perjalanan 10 hari pada tahun lalu, penulis hanya mampu menjangkau tiga negara. Itu pun dengan fokus satu negara yang lebih lama, yaitu lima hari. Kami juga berpikir bahwa kami dapat mencoba negara lainnya di lain waktu.

Ide

* Dua – tiga hari di Singapura
* Dua – tiga hari di Malaysia
* Empat – enam hari di Thailand
* Satu – tiga hari di Brunei
* Dua – tiga hari di Kamboja
* Dua – tiga hari di Laos
* Belum ada ide untuk Myanmar
* Tiga – enam hari di Filipina
* Dua – tiga hari di Vietnam

Ide Tujuan (Macam-Macam Negara)

Arsitektural

* Angkor Wat (Kamboja)
* Petronas (Malaysia)
* Luang Prabang (Laos)

Pantai

* Ko Phi Phi (Thailand)
* Palawan (Filipina)
* Pulau Perhentian (Malaysia)

Alam

* Chiang Mai (Thailand)
* Muang Sing (Laos)
* Bario dan Kelabit Highlands (Malaysia)

Kuliner

* Penang (Malaysia)
* Chiang Mai (Thailand)
* Singapura
* Hoi An (Vietnam)
* Phnom Penh (Kamboja)

Petualangan Air

* Ha Long Bay (Vietnam) — Baca pula catatan perjalanan Perhentian Waktu di Ha Long Bay
* Ko Tao (Thailand)
* Taman Negara (Malaysia)
* Bangar (Brunei)
* Batang Rejang (Malaysia)

Sebagai catatan, tentu saja negara kita banyak menawarkan tujuan yang sepadan dengan berbagai tempat di atas. Tapi hal ini kami bahas dalam tulisan lain.

Referensi: Southeast Asia on a Shoestring edisi 14, Lonely Planet dan Wikipedia

Disunting oleh SA.