Menampilkan semua artikel dalam kategori Rencana Perjalanan

Dari Singapura ke Phuket?

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Kami mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar perjalanan dari Singapura menuju Phuket, dari seorang pembaca yang terinspirasi perjalanan lintas Asia Tenggara di salah satu artikel kami.

Mudah-mudahan jawaban berikut bisa membantu, tidak hanya yang menanyakan tapi buat semua. Selamat menikmati!

Atraksi Wajib-Kunjung Istanbul

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Kalau sebelumnya saya menulis rekomendasi atraksi utama kota Istanbul yang tidak dipungut bayaran, kali ini rekomendasi beberapa atraksi yang wajib dikunjungi karena memberikan pengalaman unik dan melihat secara langsung peninggalan sejarah dari masa kekasairan Roma, Ottoman hingga Istanbul modern saat ini. Antara lain yang saya ulas adalah Selat Bosphorus, Hagia Sophia, Basilica Cistern, Topkapı Palace, Çemberlitaş Hamamı, Whirling Dervishes, Istanbul Museum of Modern Art dan Galata Tower.

Hagia Sophia
Hagia Sophia

Luar Negeri vs. Dalam Negeri

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Ketika merencanakan perjalanan, pasti ada perdebatan, apakah itu dari dalam diri atau dengan sesama individu yang ikut melakukan perjalanan tentang destinasi manakah yang harus dikunjungi. Salah satu topik yang paling penting biasanya adalah apakah harus berkunjung ke destinasi luar negeri atau ke dalam negeri?

Menurut saya, penentuan destinasi sebaiknya tidak berawal dari keinginan pihak lain, baik itu negara sekali pun. Perjalanan tentunya adalah pengalaman individu yang berawal dari minat dan keinginan sendiri. Kita sendiri yang harus memastikan apa yang ingin kita dapatkan dari perjalanan ini. Jika memang ingin berkunjung ke sebuah destinasi domestik, maka lakukanlah. Sebaliknya, jika memang niat awal sudah ingin ke luar negeri, yang jauh sekali pun, silakan pergi saja. Tidak ada yang menghalangi.

Setidaknya, menurut saya, ada beberapa hal yang menjadi penentu pemilihan destinasi antara dalam negeri dan luar negeri.

Bekerja Sambil Berlibur di Australia

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Perjalanan Darat di
Perjalanan Darat di “Outback” Australia. Foto oleh Tourism Northern Territory.

Beberapa waktu lalu kami mengulas tentang bekerja sambil berlibur dengan Work & Holiday visa, atau biasa disebut juga Working Holiday visa. Konsep bekerja sambil berlibur tidaklah baru dan tidak mesti memiliki visa tersebut. Artinya bekerja sambil berlibur (atau jika Anda lebih suka: berlibur sambil bekerja) adalah mendapatkan penghasilan di daerah tujuan dengan bekerja kasual (santai) dengan tujuan mendapatkan uang secukupnya untuk melanjutkan perjalanan/liburan. Konsep ini berbeda dengan berlibur biasa yang menuntut adanya jumlah uang/anggaran tertentu yang bisa dihabiskan selama durasi perjalanan, tetapi tidak ada tujuan menambahnya dan langsung pulang ke daerah domisili ketika selesai.

Mengenal “Experimental Travel”

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Perjalanan tidak harus selalu melihat tempat baru, tetapi bisa juga melihat tempat yang sudah familiar dengan perspektif yang baru. Sebaliknya, melihat tempat yang baru tidak harus dengan cara yang biasa dilakukan orang lain.

Idenya adalah mendapatkan pengalaman dan perspektif baru tentang suatu tempat melalui cara-cara yang tidak biasa. Cara ini tidak perlu mahal, tetapi biasanya penuh spontanitas, jenaka dan kejutan.

Konsep “experimental travel” ditemukan oleh Joel Henry dari Perancis. Tidak jelas siapa sebenarnya Joel ini, tetapi idenya tentang perjalanan eksperimental menjadi perhatian masyarakat dunia, sampai-sampai Lonely Planet menerbitkan satu buku khusus tentang topik ini.

Anda bisa memulai perjalanan eksperimental dari kota atau tempat sendiri, atau ketika merencanakan perjalanan. Kuncinya? Kreativitas dan imajinasi. Bayangkan permainan-permainan masa kecil yang pernah dilakukan, lalu aplikasikan konsep-konsepnya ke dalam perencanaan perjalanan Anda. Anda juga bisa mencari ide di internet.

Ada beberapa contoh yang menarik, yang saya himpun di bawah ini.

Delapan Jam di Dubai

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Bastakia Quarter

Transit di Dubai lebih dari delapan jam? Pemegang paspor Indonesia bisa membeli Transit Visa maksimal untuk 36 jam di agen perjalanan yang terletak di terminal kedatangan dengan syarat transit di Dubai lebih dari delapan jam dan memiliki tiket penerbangan selanjutnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat yang menarik untuk dikunjungi dalam waktu delapan jam.

Mempersiapkan Anggaran Liburan

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Siapa sih yang tidak senang berlibur? Saya yakin kebanyakan orang menyenanginya. Mungkin setelah menikmati liburan baru-baru ini, Anda sudah buru-buru ingin merencanakan liburan berikutnya, entah bulan depan, tahun depan, atau malah beberapa tahun lagi…

Sayangnya, kebanyakan dari kita bukanlah orang kaya dengan status tabungan Prioritas, selalu naik kelas bisnis di setiap penerbangan, atau menginap di hotel bintang lima. Meskipun demikian, saya meyakini bahwa liburan itu milik semua orang, termasuk yang anggarannya terbatas.

Kata kunci dari bahasan saya kali ini adalah “perencanaan keuangan”. Mungkin sebagian dari Anda bakal sebal, sudah hidup dibatasi anggarannya, ini mau senang-senang kok masih dibatasi juga. Well, reality bites, my friend. Mungkin seluruh tabungan yang Anda punya saat ini bisa dipakai untuk jalan-jalan keliling Eropa sebulan penuh. Tapi setelah kembali ke tanah air, Anda niscaya langsung “jatuh miskin” karena sudah tidak punya apa-apa lagi di genggaman.

Hanami, Ritual Menikmati Sakura di Jepang

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Ranting Sakura

Jika Anda ingin ke Jepang, datanglah ketika musim semi. Sebagai negara yang memiliki empat musim seperti banyak negara subtropis lainnya, ada masa-masa di mana penduduknya dapat menikmati musim semi yang mengagumkan. Salju mencair, matahari mulai bersinar lebih lama, dan yang paling penting, suhu menghangat dan tanaman-tanaman indah mulai merona. Tak kurang di Jepang, setiap bulan Januari sampai Mei setiap tahunnya, pohon yang berbunga Sakura menjadi semacam “pelarian” bagi warganya untuk sejenak meninggalkan rumah dan melakukan piknik di bawah pohon Sakura. Ritual ini dikenal dengan istilah _hanami_ (花見 – secara harfiah bermakna, “kegiatan memandangi bunga”).

Ziarah Wali Sembilan

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Baiklah, ini bukan ide biasa. Rencana perjalanan ini bisa dibilang khusus dibuat bagi pemeluk agama Islam. Bahkan ide ini pun bisa mengerucut lagi kepada sebagian umat Islam yang tidak mempunyai masalah dengan kegiatan ziarah ke makam. Karena kami tahu ada sebagian yang mempunyai pandangan ziarah ke makam adalah kegiatan bid’ah, kami mohon maaf, tulisan ini […]

Menyusun Rencana Perjalanan

dalam kategori Rencana Perjalanan ditulis oleh

Rencana perjalanan (“itinerary“) adalah daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan secara kronologis, lengkap dengan informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan, informasi akomodasi dan transportasi, serta hal-hal pendukung lainnya. Rencana perjalanan sangat penting dibuat baik untuk perjalanan pendek atau panjang.

Dalam artikel ini kita akan mencoba membuat rencana perjalanan sederhana dalam bentuk tabulasi. Jumlah hari perjalanan menentukan seberapa panjang dan detil rencana perjalanan kita, namun tak menutup kemungkinan bahwa kita bisa mencakup lebih banyak detil dalam satu hari perjalanan daripada seminggu, misalnya.

Perhatikan contoh tabel di bawah. Tabel ini adalah contoh rencana perjalanan ke Eropa dalam dua minggu. Mungkin ada yang menganggap jumlah hari di masing-masing tempat di bawah kurang untuk setiap lokasinya, tapi kita akan anggap saja ini sebagai contoh.

MEDIA SOSIAL

LANGGANAN