Tentang Kami

Menu

Tentang Kami

Tentang Kami

Ransel Kecil adalah blog kolaboratif mengenai perencanaan dan laporan perjalanan untuk perjalanan yang dilakukan secara independen. Perjalanan independen bisa dilakukan di dalam dan luar negeri, oleh perorangan maupun grup, untuk keperluan apapun, tetapi tidak dilakukan dengan agen wisata (kecuali beberapa kasus di mana perjalanan itu sangat sulit dan satu-satunya jalan adalah menggunakan agen atau pemandu perjalanan). Kami membagi isi dari blog ini menjadi beberapa bagian yang berkaitan: catatan perjalananrencana perjalanantipsakomodasi, makanantransportasiisi ransel dan tempat. Baru-baru ini kami juga menawarkan rubrik esai foto, bagi siapapun yang tidak mampu menulis tetapi punya foto-foto yang memikat. Siapapun yang tertarik bisa menjadi kontributor.

Siapa kami?

Sigit Adinugroho

Sigit Adinugroho — Editor
@hellosigit

Lintang Ernaningtyas Nugroho

Lintang Ernaningtyas Nugroho — Editor
@stjarnor

Segala bentuk korespondensi harus melalui email ini. Kami melindungi privasi kontributor kami sebaik mungkin. Mohon tidak menanyakan nomor telepon.

Panduan Kontribusi

Sekiranya Anda ingin berkontribusi, mohon baca pedoman berikut.

  • Kami menjunjung tinggi keaslian materi. Dilarang untuk memplagiat atau menyalin karya orang lain termasuk teks, foto atau media lain. Artikel yang sudah pernah dipublikasikan di media publikasi lain, seperti blog pribadi, blog umum, media elektronik dan cetak dan lain sebagainya, tidak dapat dipublikasikan lagi di Ransel Kecil tanpa mengubah secara signifikan redaksi dan perspektifnya.
  • Panjang artikel idealnya 800 – 1.500 kata, dilengkapi foto jika ada. Untuk esai foto, 5 – 10 foto dilengkapi keterangan singkat untuk masing-masing foto dan sebuah kata pengantar satu paragraf.
  • Kontribusi dikirimkan melalui email beserta lampirannya.
  • Mohon sertakan biodata singkat satu paragraf beserta foto yang menampakkan wajah secara jelas.
  • Kami berhak melakukan penyuntingan dan perombakan bagi setiap tulisan untuk menjaga kualitas.
  • Kami berhak menolak kontribusi.
  • Proses penyuntingan dapat memakan waktu satu hingga empat minggu, karena kami berusaha untuk menyajikan materi yang berimbang, dan situs ini dikelola secara mandiri/independen.
  • Dilarang memuat ulang seluruh materi (tulisan atau gambar atau media lain) yang ada di publikasi Ransel Kecil ke media lain baik elektronik, cetak, audio, atau visual tanpa izin penulis yang bersangkutan. Diperbolehkan mengutip artikel Ransel Kecil dalam kutipan singkat, satu paragraf atau beberapa kalimat, tanpa mengubah isi/materi dan harus mencantumkan sumber Ransel Kecil dengan tautan ke alamat asal, dan lebih baik lagi mencantumkan penulisnya.
  • Semua materi dan artikel adalah hak cipta dan milik masing-masing penulis, dan merupakan tanggungjawab masing-masing penulis akan segala hal yang terkait dengannya. Ransel Kecil tidak bertanggungjawab terhadap akurasi, keaslian, dan tanggungjawab materi tersebut. Meski demikian, Ransel Kecil akan berusaha keras untuk menjaga semua materi yang terbit di situs ini melalui riset dan penyuntingan yang ketat sebelum diterbitkan. Jika ada bagian materi yang hak ciptanya ada pada orang lain (misalnya, foto), adalah tanggungjawab kontributor untuk meminta izin tertulis terlebih dahulu. Tuliskanlah izin tersebut di artikel Anda secara terus terang. Cantumkan pranala balik ke situs web pemiliki hak cipta jika ada. Anda juga dapat melakukan catatan kaki atau daftar pustaka singkat.
  • Sifat kontribusi adalah sukarela dan kami tidak menjanjikan kompensasi dalam bentuk apa pun. Namun karena sifat tulisan adalah milik penulis masing-masing, tidak menutup kemungkinan bila ada peluang publikasi tulisan tersebut dalam sifat yang komersil, misal buku atau media lain, dan kita akan membicarakan hal tersebut dengan penulis masing-masing. Sebagai bentuk penghargaan kecil, kami akan menyediakan satu paragraf dan foto kecil berukuran 72×72 piksel di bagian bawah artikel Anda untuk mengenalkan Anda kepada audiens Ransel Kecil.
  • Setiap ada layanan, jasa, dan produk yang dimuat Ransel Kecil adalah murni hanya untuk kepentingan ulasan, perbandingan, dan edukasi. Ransel Kecil tidak akan memuat artikel yang bersifat komersil dan iklan, kecuali memang dimaksudkan dan hal tersebut akan diungkapkan di awal tulisan melalui catatan sanggahan tersendiri, dan/atau melalui gaya dan tampilan yang berbeda dan kami akan mencantumkan bahwa itu iklan. Dalam setiap penulisan artikel yang memuat layanan, jasa, dan produk di dalamnya, itu berarti kontributor membayar sendiri untuk mendapatkan/memanfaatkan semua barang/jasa tersebut. Bila ada pengecualian, semua akan diungkapkan dalam sanggahan di artikel yang bersangkutan.

Donasi

Jika Anda suka Ransel Kecil, maka pertimbangkanlah untuk memberikan donasi untuk kelangsungan blog ini. Kenapa berdonasi?

  • Blog ini dikelola secara mandiri dan sukarela.
  • Per tahunnya kami membayar biaya sewa hosting dan domain sebesar Rp240.000. Jika trafik terus meningkat*, maka kami perlu menambah jumlah investasi per tahun ini.
  • Konten yang ada dibuat berdasarkan pengalaman otentik dari penulisnya. Kami berkomitmen untuk semaksimal mungkin menyediakan konten yang sumbernya dari pengalaman kami sendiri.
  • Kami menyunting setiap artikel yang masuk, untuk menjaga kualitas editorialnya.
  • Kontributor artikel tidak dibayar, namun jika mencukupi, kami dapat memberikan mereka insentif tertentu (seperti kaos) dari waktu ke waktu, berkat donasi Anda.

Jumlah donasi terserah dan seikhlas Anda.

*) Untuk mengetahui jumlah trafik per bulan saat ini, mohon hubungi kami.

Ketersediaan Anda berdonasi akan membantu kami menjaga Ransel Kecil tetap independen dan gratis.

Ada dua cara berdonasi, yakni dengan PayPal dan transfer bank.

Untuk PayPal, silakan klik tombol “Donate” di bawah ini.


Untuk transfer bank, silakan transfer ke:

Bank Mandiri (KCP Cileungsi)
130-00-0407114-1
a/n Sigit Adinugroho

atau

BCA (Cabang Ratu Plaza)
5250199360
a/n Sigit Adinugroho

Terima kasih!

MEDIA SOSIAL

LANGGANAN