Satu-satunya pengalaman makan di pinggir rel yang saya punya di Indonesia adalah Bakso Presiden di Malang. Baksonya lumayan, suasananya juga cukup nyaman walau selang beberapa waktu kita harus rela “berangin-angin” seperti mau terbang karena kereta lewat tepat di samping kuping kita.

Di Melbourne, ada tempat jajan serupa, tapi untungnya, bukan di rel kereta api, tapi di pinggir rel tram. Adalah di salah satu sudut Albert Park, sebuah stasiun tram tua yang sudah direnovasi, dan fungsinya sebagai stasiun seutuhnya sudah diganti dengan sebuah kafe mungil bernama Mart 130.

Di Dalam Kafe
Interior kafe.

Papan Marka Stasiun Middle Park
Papan marka Stasiun Middle Park.

Penampakan Kafe dari Luar
Penampakan kafe dari luar.

Pintu Masuk ke Kafe
Pintu masuk ke kafe, yang juga difungsikan sebagai peron.

Ruang Makan di Teras
Ada ruang makan di teras belakang juga! Menghadap taman!

Kami tahu kafe ini dari sebuah review blog, dan karena bingung mau makan di mana, kami putuskan pergi ke tempat ini. Tempat ini menyajikan makan brunch dan makan siang, sehingga buka hanya dari pukul tujuh pagi hingga tiga petang.

Hampir semua comfort food untuk sarapan, brunch dan makan siang ada di sini. Bayangkan roti bakar, oats, grains, telur, pancake, buah-buahan sampai pide, pizza ala timur tengah yang bentuknya seperti wajik itu. Urusan kopi juga ada, juga chai latte dengan bonsoy dan madu (hm!), lassi stroberi, mangga dan tak lupa jus penambah stamina.

Scrambled Egg on Toast
Scrambled egg on toast.

Bircher Muesli
Bircher muesli. Salah satu yang terenak yang pernah saya makan.

Setelah enam hari pertama yang hiruk-pikuk dan sibuk, kami putuskan untuk memulai hari ini dengan bersantai di tempat yang jauh dari keramaian sambil menikmati pagi. Pilihan kami ternyata tepat. Di Mart 130, tidak ada orang lain lalu-lalang, karena memang letaknya agak jauh dari jalan raya dan pusat bisnis, lalu di sebelah timurnya ada taman yang besar (Albert Park), yang biasa dipakai untuk Formula 1. Saat itu tidak ada Formula 1, jadi taman tampak sepi.

Di Dalam Tram
Di dalam tram.

Perjalanan ke kafe ini cukup panjang. Kami mulai dari Jolimont Terrace di timur Melbourne dengan mengambil kereta atau tram ke Southern Cross, setelah itu lanjut tram no. 96 ke arah selatan. Sekitar lima atau enam pemberhentian, anda akan menemukan pemberhentian tram Middle Park. Jangan lupa, untuk naik tram di Melbourne, anda harus tekan tombol berhenti agar operatornya dapat memberhentikan tram. Jika tidak, ada kemungkinan keterusan.

Stasiun Southern Cross
Stasiun Southern Cross tempat menunggu tram no. 96.

Setelah Makan, Pose Dulu!
Setelah makan, pose dulu.

Alamat & Kontak

107A Canterbury Road
Middle Park, Victoria, 3206
Telepon: (03) 9690 8831
Email: mart130cafe@gmail.com