Bagi Anda yang memeluk agama Islam, setiap perjalanan selalu disibukkan dengan kegiatan mencari makanan halal, terutama di negeri yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam. Tentu, kita dapat mengunjungi beragam tempat makan yang ada dan memesan menu vegetarian atau ikan dan ayam, tetapi banyak juga dari kita yang cemas dengan cara mereka memasak, dan peralatan yang digunakan (apakah bekas memasak yang mengandung babi dan lain sebagainya). Kebutuhan mencari tempat makan yang benar-benar berkomitmen menyediakan makanan halal dengan metode yang halal pun tak terelakkan. Di Vietnam, relatif sulit menemui tempat makan yang 100% halal.

Interior Halal@Saigon

Kunjungi Halal@Saigon, restoran 100% halal di Ho Chi Minh City. Letaknya cukup strategis, di sebuah jalan yang dipenuhi dengan berbagai fasilitas yang diperlukan bagi kebanyakan turis asing seperti convenience store dan penukar mata uang asing. Terletak di jalan yang sama juga adalah hotel mewah Sheraton Ho Chi Minh City. Yang menarik, di jalan yang sama pula, terdapat sebuah mesjid (Mesjid Indian Jamia), yang mungkin satu-satunya di sini. Letaknya persis di seberang restoran ini.

Masjid Indian Jamia, Dong Du St., Ho Chi Minh City

Cara terbaik menuju restoran ini adalah dengan taksi. Banyak sekali pengunjung dari Malaysia yang datang di sini. Ho Chi Minh City sudah menjadi tujuan utama bagi wisatawan Malaysia dan Indonesia, dan pasar untuk restoran halal sangat besar.

Halal@Saigon sendiri adalah satu dari sekian (mungkin hanya ada tiga atau lima tempat serupa di kota ini) restoran yang menyediakan menu halal, baik itu sajian Vietnam atau Melayu/Malaysia. Pemiliknya adalah Dr. Shimi, seorang Malaysia yang sudah tinggal selama 15 tahun di Ho Chi Minh City. Tempat ini dibuka pada Februari 2009, jadi masih relatif baru! Dr. Shimi sendiri aktif dalam advokasi bisnis untuk pengusaha Malaysia di sini. Beliau adalah ketua Malaysian Business Chamber di Ho Chi Minh City. Anda pun tak perlu ragu kredibilitasnya.

Dari segi sajian, menurut saya pribadi, rasanya lebih cocok untuk lidah orang Indonesia dan Malaysia yang peka terhadap rasa asin, asam dan gurih. Kebanyakan wisatawan Indonesia dan Malaysia mungkin menganggap makanan Vietnam terlalu hambar. Makanan di Halal@Saigon adalah penyesuaian yang mendekati sempurna, walau ada kasus tertentu yang agak berlebihan, misalnya spring roll yang disajikan dengan saus kacang.

Pengalaman makan di sini akan dilengkapi dengan Dr. Shimi sendiri yang menyambut Anda dengan ramah. Beliau dengan mudah mengenali wajah Melayu atau Indonesia, dan langsung menyapa, “Apa kabar?”. Selain itu, pelayan di sini tidak ada yang berasal dari Malaysia atau Indonesia, tapi bisa berbahasa Melayu dengan fasih sekali. Bayangkan seseorang dari Kamboja yang bisa “bercakap Melayu”!

Vietnamese Springroll dengan Saus Kacang!

Sup Asam Manis yang segar di Halal@Saigon

Tumisan sapi yang harum dan segar

Ada beberapa restoran lain yang menyajikan menu halal seperti Lion City. Bedanya, Lion City tampaknya lebih fokus untuk menyajikan menu yang familiar dengan masyarakat Singapura. Ada opsi khusus yang menyajikan menu halal. Sedangkan Halal@Saigon sepenuhnya berkomitmen menyajikan menu halal.

Jika Anda sempat berkunjung ke Halal@Saigon, dan Anda adalah seorang muslim, tak perlu ragu untuk memesan apapun di sini, walau itu masakan Vietnam yang sudah Anda incar sebelumnya, tapi takut untuk pesan di restoran Vietnam lain. Butuh bukti lagi? Restoran ini sudah disertifikasi halal oleh Commission Board of Islam in Ho Chi Minh City!

Disunting oleh ARW 16/06/2010