Salah satu hal yang jadi agenda wajib bagi saya dalam mempersiapkan suatu perjalanan adalah mencari tempat menginap di daerah tujuan. Perjalanan saya ke Penang, Malaysia, pada akhir Januari 2013 sudah saya rencanakan sejak setahun sebelumnya. Rencananya saya akan berangkat dengan dua orang teman yang semuanya wanita. Ketika tiket pesawat rute SBY-PEN-KUL-JOG sudah di tangan, yang sibuk dilakukan adalah mencari tempat menginap dan membuat rencana jalan-jalan. Berhubung saya berencana berangkat dengan dua orang teman, maka hal ini menjadi PR bersama, agar semua bisa sreg nantinya dan tidak ada yang mengeluh karena merasa tidak cocok dengan tempat menginap yang sudah dipilih.

Awalnya hal ini merupakan pekerjaan yang menyenangkan, mencari, membaca ulasan dan menyortir pilihan-pilihan tempat menginap yang ada. Berbagai penawaran dari situs web seperti Agoda, Booking.com dan Hotels.com kami banding-bandingkan harga, fasilitas dan lokasinya.

Jumlah kami yang bertiga semakin memperkecil pilihan, umumnya hotel menyediakan kamar standar dengan tempat tidur double atau twin, kalau pun ada kamar yang bisa untuk bertiga, atau bisa ditambah extra bed, harga akhirnya di atas anggaran yang kami rencanakan. Selain itu, tidak banyak pilihan kamar hotel dengan fasilitas yang memadai dengan lokasi yang bagus dan harga yang tidak terlalu mahal untuk mahasiswa seperti kami, terutama juga dikarenakan waktu kunjungan kami yang jatuh pada long weekend di Malaysia, banyak tempat menginap rekomendasi para blogger yang sudah penuh.

Masing-masing dari kami pun mengajukan pilihan. Saya akhirnya memilih Guest Inn Muntri yang menyediakan kamar jenis dorm dengan 4 bunk bed, kamar mandi luar dan walaupun tidak ada pemisahan antara kamar khusus wanita dan laki-laki, namun dengan harga RM28 per malam sudah termasuk sarapan, dan lokasinya yang strategis menurut saya itu merupakan tawaran yang bagus. Selain itu sudah lama saya ingin merasakan pengalaman menginap di dorm, karena selama ini meski pernah menginap di penginapan murah meriah tipe “3S” (Sangat Sangat Sederhana), seperti ketika saya ke Pacitan, saya tidak pernah berbagi kamar dengan orang lain, selalu menyewa kamar pribadi, paling banter dengan fasilitas kamar mandi di luar. Namun, seorang teman saya lebih menyukai kamar dengan fasilitas kamar mandi dalam agar memiliki privasi lebih, sementara yang satu lagi oke-oke saja walau harus berbagi kamar di dorm. Cukup lama kami menunda pemilihan hotel ini karena preferensi masing-masing tadi, kami hanya memesan dua opsi berbeda yaitu dorm di Guest Inn Muntri tadi dan satu kamar superior di hotel lain lewat website Booking.com, karena di sini tidak ada biaya pembatalan asalkan tidak melewati batas waktu yang ditentukan. Tentunya, sambil terus mencari pilihan-pilihan lainnya.

Akhirnya kami sampai pada titik bosan memilih-milih hotel, terlalu banyak ulasan yang kami baca dan waktunya pun sudah semakin dekat. Untungnya saya berhasil meyakinkan teman-teman saya untuk memilih Guest Inn Muntri dengan alasan untuk mencoba pengalaman baru, karena memang tidak ada seorang pun di antara kami yang pernah menginap di dorm. Toh, saya pikir karena kami bertiga, jadi kami hanya akan sekamar dengan seorang tamu lain, kalaupun digabung dengan tamu laki-laki, tidak akan jadi masalah. Namun menjelang hari keberangkatan, seorang teman saya terpaksa harus membatalkan perjalanannya. Jadilah kami hanya berangkat berdua. Saya jadi harap-harap cemas, berharap semoga tidak sekamar dengan roommate laki-laki yang kelakuannya aneh-aneh. Karena dari cerita pengalaman pejalan wanita lain yang menginap di dorm, apalagi yang campur, mereka pernah harus sekamar dengan tamu laki-laki yang kadang pulang ke dorm dalam keadaan mabuk dan “nyasar” ke tempat tidur orang lain.

Setibanya di Penang kami langsung menuju tempat menginap, sesuai namanya penginapan kami ini terletak di Lebuh Muntri. Berbekal peta lokasi Guest Inn Muntri dari Google Maps kami mulai mencari-cari. Ketika itu kami sudah berada di Lebuh Muntri, di lokasi yang tepat seperti ditunjukkan di peta, namun Guest Inn Muntri ini tak juga tampak. Setelah beberapa kali bertanya, akhirnya ketemu juga.

Dari luar Guest Inn Muntri ini nampak seperti rumah toko bertingkat model lama, ruangan di dalamnya memanjang ke belakang. Di area depan, meja resepsionis langsung digabung dengan lobi yang merupakan tempat untuk sarapan juga, dan ada meja bilyar di tengah-tengah lobi.

Melihat banyak sepatu di area dekat pintu masuk dan adanya pemberitahuan untuk melepas alas kaki, awalnya kami pikir kami diharuskan untuk melepas sepatu juga ketika masuk hotel, ternyata itu hanya berlaku bagi tamu yang menginap di lantai atas, mungkin agar tidak berisik ketika tamu berjalan lalu-lalang di lantai atas. Air minum pun tersedia di lobi, para tamu bisa mengisi ulang botol minum masing-masing di sini, sehingga bisa berhemat. Air panas serta teh dan kopi instan juga tersedia gratis. Selalu ada tamu yang nongkrong-nongkrong di lobi sambil bermain bilyar, atau sekedar minum kopi sambil internetan, karena tersedia wifi gratis yang lumayan kencang koneksinya. Selain itu yang bisa dilakukan ketika nongkrong di lobi adalah membaca coretan serta pesan dan kesan para tamu yang pernah menginap di Guest Inn Muntri, ada saja pesan lucu yang ditulis di sini. Di lobi juga tersedia beberapa sepeda yang bisa disewa. Sarapan yang disediakan tiap jam 8 pagi berupa roti tawar dengan beberapa pilihan selai dan butter, ada juga oatmeal, yang bisa dimakan sepuasnya.

Suasana lobi.

Kami kemudian diantar ke kamar yang sangat persis seperti yang ditampilkan di internet, kamar kecil bercat putih itu tampak segar dengan adanya kotak penyimpanan yang dicat warna-warni, lumayan memberi efek ceria. Kotak penyimpanan dengan kunci ini terdapat di masing-masing tempat tidur. Karena tidak ada jendela, kami mengandalkan AC yang untungnya bukan AC sentral. Ada empat kamar mandi di lantai bawah, dua berada di tengah dan dua lagi di bagian belakang, selama menginap saya tidak pernah mengalami harus mengantri kamar mandi. Karena kami penghuni kamar yang pertama, jadi kami bebas memilih tempat tidur. Ketika sedang berbenah di kamar, datanglah staf hostel dengan seorang tamu yang akan menjadi teman sekamar kami. Setelah berkenalan, roommate tersebut bernama James yang berasal dari Republik Rakyat Cina, untungnya bahasa Inggrisnya lancar, sehingga tidak sulit untuk berkomunikasi. Dia pun asyik diajak mengobrol dan bertukar informasi.

Suasana di dorm.

Keesokan harinya, staf hotel datang lagi ke kamar menanyakan tempat tidur mana yang masih kosong, dia juga menanyakan apa kami tidak keberatan jika digabung dengan seorang tamu laki-laki lagi, karena dia juga berasal dari Indonesia. Rupanya tamu tadi berasal dari Surabaya, bernama Noval. Klop-lah kami ngobrol dan saya pun menawarkan untuk jalan bersama karena agenda jalan-jalan kami siang itu ternyata sama, mengelilingi objek wisata yang ada di sekitar George Town. Lokasi penginapan ini memang strategis, karena hanya dengan berjalan kaki beberapa menit kami sudah sampai ke objek wisata seperti Cheong Fatt Tze Mansion, Cathedral of the Assumption, Penang State Museum dan St. George’s Church, juga dekat dengan halte bis. Staf hotel, yang kami panggil “uncle” serta seorang pria yang bergantian shift jaga sangat ramah dan membantu sekali, kami pun masing-masing diberi peta Penang, serta dijelaskan mengenai objek wisata dan cara pergi ke sana. Staf hotel lainnya ternyata orang Indonesia yang kami panggil Mak Siti, beliau berasal dari Jepara dan baru sekitar dua tahun bekerja di Penang. Mak Siti ramah dan baik banget, mungkin karena sama-sama dari Indonesia, kami sampai sedih ketika harus berpamitan.

Akhirnya keinginan saya menginap di dorm kesampaian juga. Saya tak ragu lagi menginap di dorm. Asal pintar memilih, seperti mencari yang khusus wanita dan dengan jumlah bed yang tidak terlalu banyak dalam satu kamar agar tidak berisik, pasti lancar. Selain lebih hemat, juga bisa menambah teman baru. Bagi yang belum pernah menginap di dorm, silakan mencoba.

Guest Inn Muntri Sdn Bhd.