Artikel-artikel yang ditulis oleh Kosim Lauw

Kosim Lauw Kosim Lauw. Lulusan Arsitektur Universitas Tarumanagara, bekerja di perusahaan kaca sebagai manajer ekspor. Salah satu tujuan hidup saya adalah menjelajahi sebanyak-banyaknya semua tempat yang ada di muka bumi ini selama tenaga, waktu dan biaya masih memungkinkan. Cita-cita yang belum tercapai adalah menjelajahi Santorini dan Machu Picchu.

Tempat

Musim Gugur di Canberra

dalam kategori Tempat ditulis oleh

Canberra sebagaimana yang kita kenal sebagai ibu kota Australia saat ini sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Dengan penduduk hanya sekitar 200.000 jiwa, Canberra yang terletak di antara Sydney dan Melbourne saat ini sayangnya belum menjadi destinasi wisata utama apabila di bandingkan dengan kedua kota tersebut. Didorong oleh hasrat saya mengamati arsitektur dan perkotaan, sudah lama saya ingin meluangkan waktu agak lama untuk lebih mendalami isi kota yang konon merupakan salah satu dari dua kota buatan manusia di dunia yang dirancang dari nol.

Gedung parlemen Australia.
Gedung parlemen Australia.

Karena merupakan kota yang dirancang sejak awal, maka segalanya terlihat sangat teratur. Inti kota adalah gedung Australian War Memorial di titik utara kota, kemudian jika kita tarik garis lurus akan sampai di Central Business District (pusat kota dan perdagangan) di titik tengah, kemudian ditarik garis lagi ke selatan, kita menjumpai danau buatan (Lake Burley Griffin) dan diakhiri dengan gedung parlemen di selatan kota.

Tempat

Mount Buller, Australia

dalam kategori Tempat ditulis oleh

Penggemar olahraga ski atau bukan, anda wajib mengunjungi Mount Buller apabila anda (baik sendiri maupun bersama keluarga) sedang mengunjungi Melbourne di saat musim dingin (Juni-Agustus). Terletak 208 kilometer di sebelah timur kota Melbourne dan dapat di tempuh dalam 3 jam perjalanan darat, anda bisa mencapai Mount Buller yang memiliki area bermain ski seluas 300 hektar.

Fasilitas baik untuk bermain salju maupun sarana penunjang di Mount Buller sangat lengkap. Mulai dari fasilitas bermain salju untuk anak anak (terdapat dua lapangan toboggan), area bermain ski untuk pemula (tersedia juga instruktur untuk yang ingin belajar ski) sampai lereng lereng curam untuk yang sudah mahir. Asyik, bukan?

Area Ski Mount Buller

Tempat

Guildford, Surrey, Britania Raya

dalam kategori Tempat ditulis oleh

Inilah kota pertama yang saya kunjungi dalam perjalanan saya ke Britania Raya. Guildford terletak 43 km barat daya London. Kota kecil ini sangat mudah dikunjungi baik dari pusat kota London maupun dari Bandara Internasional Heathrow. Berbekal tiket terusan seharga ₤10.50 (dimulai dengan bis bandara menuju stasiun Woking kemudian dari stasiun Woking perjalanan dilanjutkan dengan kereta ke Guildford). Apabila ingin berkunjung dari pusat kota London (stasiun London Waterloo), Guilford bisa dicapai hanya dengan 35 menit perjalanan dan enaknya lagi kita tidak usah takut ketinggalan kereta, karena setiap 15-20 menit pasti ada rangkaian gerbong yang ke sana. Dengan segala kemudahan itu tidak heran Guildford menjadi destinasi favorit untuk liburan singkat para “Londoners” (sebutan untuk penduduk kota London) untuk menghindari hiruk-pikuk kota London terutama saat penghujung minggu.

High Street
High Street

Tempat

London, Britania Raya

dalam kategori Tempat ditulis oleh

Situs Trip Advisor baru baru ini menobatkan London sebagai “The Best Destination of 2012” pilihan para wisatawan. Bisa dibayangkan, dengan adanya penghargaan tersebut ditambah dengan penyelenggaraan Olimpiade musim panas di bulan Juli & Agustus 2012, kota ini semakin menjadi tujuan utama turis-turis dari seluruh dunia.

Sesuai hukum ekonomi, dengan semakin banyaknya pengunjung akan berimbas ke semakin mahal biaya hidup di sana terutama untuk para wisatawan. Apalagi pemerintah kota London mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 20% yang akan semakin menipiskan dompet dan kartu kredit terutama untuk akomodasi dan makan minum.

Big Ben di Palace of Westminster
Big Ben di Palace of Westminster

Namun jangan takut, dengan perencanaan yang matang terutama yang membawa keluarga, kita masih bisa ikut menikmati kota kosmopolitan dengan biaya rendah tetapi menuai hasil semaksimal mungkin karena masih banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati dengan gratis.

Catatan Perjalanan

Tiga Jam Bernostalgia dengan Queen

dalam kategori Catatan Perjalanan ditulis oleh

Siapa yang tidak kenal kelompok musik rock Queen dengan vokalisnya Freddie Mercury. Menonton “We Will Rock You, the Musical by Queen” sudah masuk daftar wajib saya saat berkesempatan mengunjungi negara Ratu Elizabeth.

Bertempat di Dominion Theatre London, pertunjukan ini dilaksanakan setiap malam pukul 19:30, kecuali Sabtu siang, di mana ada pertunjukan tambahan pukul 14:30. Ternyata, tahun ini sudah memasuki tahun ke-10 pertunjukan dan seluruh bangku selalu hampir terisi penuh di setiap pertunjukannya.

Dominion Theatre, London
Dominion Theatre, London

Catatan Perjalanan

Perjalanan Singkat di Richmond, Tasmania

dalam kategori Catatan Perjalanan ditulis oleh

Richmond, kota antik nan cantik yang kami temukan secara tidak sengaja. Berawal dari ketibaan kami di Hobart, ibukota negara bagian Tasmania, Australia, pada pagi menjelang siang di penghujung musim dingin. Untuk mengikuti tur kota sudah terlambat, dan pada musim dingin, tur ini tidak beroperasi setiap hari. Berbekal informasi dari petugas hotel untuk acara perjalanan yang ramah terhadap anak-anak, kami memutuskan naik taksi untuk mengunjungi Richmond, sekitar 30 menit berkendara ke arah timur Hobart. Setelah melewati beberapa perkebunan anggur, akhirnya kota Richmond terlihat di depan mata.

Jembatan Richmond
Jembatan Richmond

MEDIA SOSIAL

LANGGANAN