Marrakech merupakan tempat yang benar-benar menantang sekaligus memanjakan panca indera saya sebagai seorang backpacker wanita yang berpetualang seorang diri. Di satu sisi saya harus selalu waspada akan keselamatan barang-barang dari tangan-tangan jahil, menajamkan insting agar tidak diganggu atau dibuntuti pria hidung belang, serta mengira-ngira arah agar tidak tersesat di lika-liku souk kota tua. Di sisi lain mata dan lensa saya dimanjakan oleh eksotika kerajinan dan warna di setiap sudut kotanya.

Marrakech 1

Kota tua atau biasa disebut medina adalah jantung tradisi dan budaya setiap kota di Maroko. Alun-alun Djemaa El Fna adalah jantung dari medina Marrakech. Kalau anda tersesat, sebutkan kata sakti “Djemaa El Fna” maka orang akan menunjukkan jalan ke sana. Mulai dari dukun sakti, peramal masa depan, pawang ular, seniman tato henna hingga atraksi akrobatik, semua hadir dalam lapangan ini.

Marrakech 2

Jangan lupa mencoba kesegaran jus d’orange atau jus jeruk khas Maroko, escargot, dan minuman tradisional yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah lainnya dari pedagang-pedagang di Djemaa El Fna.

Marrakech 3

Tak lengkap rasanya kalau tidak tersesat di dalam souk atau pasar medina. Barisan kain dan karpet aneka warna dapat membuat anda terlena sehingga tidak tahu kemana harus melangkah. Jalan-jalan sempit penuh cabang seolah tanpa ujung telah menanti anda. Sungguh membingungkan. Hindari berjalan sendirian di souk saat matahari telah terbenam.

Marrakech 4

Aneka suvenir, kilau kerajinan tembaga berhias kaca patri, serta keramik dari berbagai bentuk dan ukuran cukup menggoda siapa saja yang datang untuk merogoh beberapa dirham.

Marrakech 5

Eksotika rempah-rempah akan menghentikan langkah kita dengan aromanya yang kuat dan menyegarkan. Mereka mempunyai segala jenis rempah-rempah yang bisa digunakan untuk makanan, minuman dan obat-obatan.

Marrakech 6

Permainan warna dan bidang geometri berpadu di setiap sudut kota Marrakech, menjadi ciri khas tersendiri bagi kota ini.

Marrakech 7

Penggemar kucing atau bukan, bersiap-siaplah karena akan ada banyak sekali kucing yang berkeliaran di setiap sudut Marrakech, berpose untuk anda.

Marrakech 8

Di saat sinar matahari semakin kuat menyengat bumi, pergilah ke Jardin Majorelle. Anda akan disambut oleh barisan pohon bambu, kaktus, taman bunga aneka rupa serta kolam-kolam ikan yang tertata sedemikian rupa menyejukkan siapa saja yang melihatnya.

Marrakech 9

Potret Marrakech tak lengkap rasanya tanpa keagungan masjid Koutoubia di saat senja. Alunan adzan terdengar dari puncak menara memanggil umatnya untuk berserah diri di hadapan Yang Kuasa.

  • Disunting oleh SA 04/02/2013