* Kaos berlengan tak lebih dari dua pasang. Selain untuk menghemat ruang. Anda bisa pula membeli di perjalanan. Ada ide sebaiknya membawa kaos polo(berlengan dan berkerah), pertimbangannya: bila panas kerahnya untuk melindungi leher (meski jadi agak lucu tapi praktis), atau bila cuaca dingin bisa dirangkap dengan kaos oblong didalam agar lebih hangat. Beli, cuci, atau buang (atau hibahkan) bila dirasa jumlah kaos mulai membebani tas. Campuran kaos polo dan oblong, atau kaos polo dan lengan panjang juga bagus. Usahakan satu kaos menyerap keringat dan terbuat dari katun. Intinya, semua tergantung tujuan. Kaos bersaku bagus selain bermanfaat untuk membawa uang kecil, tiket, dan barang penting lainnya; juga bisa untuk kamuflasi pelancong (sungguh!)
* Dua celana panjang. Cari yang cepat kering, seandainya dicuci malam bahan ini harus bisa kering pagi harinya. Bahan kuat. Bersaku, bila mungkin ada samping dan belakang.
* Celana pendek (bila diperlukan dan bila lebih nyaman), kalau bisa kombinasikan dengan jumlah celana panjang agar tidak terlalu banyak. Tapi ini juga tergantung tujuan.
* Rompi atau pakaian penutup dada, terutama untuk wanita, bila Anda akan bepergian ke wilayah religius seperti masjid, gereja, atau candi, demi kesopanan.
* Baju renang (tergantung tujuan)
* Baju dalam direkomendasikan membawa beberapa pasang, katakanlah tiga sampai enam pasang. Anda bisa mencucinya. Cari yang bahannya menyerap dan cepat kering. Wanita mungkin perlu membawa lebih banyak, terutama bra, juga tambahan jenis seperti sports-bra.
* Bila diperlukan bawalah Kaos kaki secukupnya.

Sumber dan referensi: TravelIndependent