Beberapa artikel sebelumnya sudah membahas pentingnya berkemas ringkas, tapi belum mendetail tentang bagaimana melakukannya. Kiat-kita berikut adalah tentang bagaimana berkemas ringkas untuk Anda sendiri jika bepergian sendiri. Silakan berbagi informasi ini pada teman atau keluarga Anda.

Bahan Pakaian

Pilih bahan yang cepat melepasnya kelembaban/air, antara lain katun, nylon dan polyester. Bahan-bahan ini ketika dicuci dan dijemur akan kering dengan cepat. Denim membutuhkan waktu lama untuk kering, jadi usahakan tidak membawa jeans jika Anda akan mencucinya.

Ketebalan Pakaian

Untuk tujuan bersuhu panas (20°C ke atas) tidak usah membawa pakaian yang tebal seperti kulit, wol atau jeans. Semakin tipis maka semakin ramping bentuk tas Anda karena isinya semakin efisien/padat.

Kombinasi Warna

Usahakan membawa atasan dan bawahan yang warnanya dapat dikombinasikan satu sama lain tanpa kecuali, sehingga pilihan Anda untuk satu hari semakin banyak, dan meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, warna-warna netral, pastel atau lembut. Saran saya, bawahan usahakan khaki atau biru gelap atau hitam, atasan bisa kombinasi coklat tua, putih, hijau muda/lumut, biru navy, atau terakota/oranye. Kaus kaki hitam atau putih saja. Sepatu atau sendal berwarna coklat atau hitam. Silakan sesuaikan sendiri.

Rancangan Pakaian

Jika Anda memiliki rompi atau kemeja berkantung, itu akan sangat membantu mengurangi beban di tas Anda, dan memudahkan untuk menyimpan dan mengambil dokumen penting seperti paspor atau alat tulis.

Komposisi

Formula dasarnya untuk satu ransel: dua-tiga kaus oblong, dua kemeja, dua-tiga celana pendek, dua celana panjang, enam (pasang) pakaian dalam, tiga pasang kaus kaki, peralatan mandi dalam satu tas kecil, handuk kecil tipis dan tas baju kotor yang bisa dilipat.

Tentu, formula dasar itu dapat disesuaikan berdasarkan musim/suhu, gender, keperluan sampai kepercayaan. Misalnya:

Musim dingin: kaus oblong semuanya lengan panjang, ditambah satu jaket berbahan tahan dingin/air. Celana pendek bisa ditiadakan, diganti kaus kaki dan tambah satu celana panjang hangat. Gunakan teknik layering, yakni menimpa lapisan baju satu dengan yang lain untuk menciptakan efek hangat, dan menghemat tempat di tas.

Berhijab: tambahkan dua-tiga hijab, ganti kaus oblong menjadi kaus lengan-panjang, hilangkan celana pendek.

Rapat bisnis: hilangkan kaus oblong, tambahkan kemeja, tambahkan jas. Untuk wanita, silakan mengganti celana panjang dengan rok, misalnya.

Durasi Perjalanan

Bepergian untuk tiga hari? Anda tidak perlu mencuci. Bepergian untuk satu minggu? Mencuci satu kali. Bepergian dua minggu? Mencuci dua-tiga kali. Di manakah kita bisa mencuci? Beli deterjen di tempat tujuan dan cuci di wastafel penginapan, gunakan jasa laundry setempat, atau pinjam mesin cuci di penginapan. Masukkan biayanya dalam perencanaan perjalanan.

Elektronik

Gunakan wadah protektif seperti sarung, lalu belilah tas yang bisa mengakomodir peralatan elektronik khusus seperti komputer jinjing atau kamera.

Perawatan Tubuh

Selalu bekali diri Anda dengan sikat gigi, handuk dan sisir. Untuk yang lain seperti odol, sabun, deodoran, parfum, pelembab, sampo dan pencukur dapat disesuaikan berdasarkan transportasi yang digunakan (darat, Anda bebas menggunakan cairan; udara, Anda tidak diperkenankan membawa cairan atau benda tajam), daerah tujuan (musim, lokasi strategis atau tidak). Jika tidak bisa membawa semua, belilah di daerah tujuan.

Titipan/Oleh-oleh

Ada beberapa alternatif: masukkan bagasi, masukkan ransel/tas jinjing jika masih cukup, atau kirim ke daerah tujuan. Jika dititipi barang elektronik seperti iPad, dan Anda hanya membawa satu ransel, silakan negosiasikan dengan penitip apakah bisa boksnya ditinggal, misalnya.

Beberapa kiat di atas hanya dasar-dasarnya, silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, tetapi tetap berpegang pada prinsip berkemas ringkas. Tentu, jika memang yang perlu dibawa adalah banyak tas, silakan, tetapi tetap jadikan berkemas ringkas sebagai prioritas Anda.