Laos adalah destinasi “underdog” di Asia Tenggara. Namun, tahukah anda, justru di negara ini terdapat kecantikan alam dan hasil budaya yang mengagumkan, seolah belum pernah terjamah. Safir Soeparna membawa kita dalam perjalanan visual yang mencengangkan sepanjang Luang Prabang, yang menjadi UNESCO World Heritage Site, serta Van Vieng, kota kecil yang tenang bagi pejalan yang ingin lepas dari hiruk-pikuk perkotaan, terutama mungkin kecenderungan modernisasi negara tetangganya seperti Thailand atau Vietnam.

Mulai dari kota yang klasik sampai alam penuh rona, Laos memiliki semuanya, tanpa harus terjebak keramaian pengunjung.

Vang Vieng, kota yang terkenal sebagai backpacker's wildest party town, juga terkenal dengan blue lagoon-nya. Untuk menemukan blue lagoon, ternyata tidak perlu berangkat jauh ke Iceland.

Vang Vieng, kota yang terkenal sebagai “backpacker's wildest party town“, juga terkenal dengan blue lagoon-nya. Untuk menemukan blue lagoon, ternyata tidak perlu berangkat jauh ke Islandia.

Plain of Jars masuk ke dalam nominasi UNESCO World Heritage Site. Sekumpulan Jar raksasa kuno ini tersebar di kota Phonesavanh, kota yang terkenal dengan sisa-sisa bahan reaktif peninggalan Vietnam War yang masih memiliki potensi untuk meledak . Sejarah jar raksasa ini masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

Plain of Jars masuk ke dalam nominasi UNESCO World Heritage Site. Sekumpulan “jar” raksasa kuno ini tersebar di kota Phonesavanh, kota yang terkenal dengan sisa-sisa bahan reaktif peninggalan Perang Vietnam yang masih memiliki potensi untuk meledak. Sejarah “jar” raksasa ini masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

Luang Prabang masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site karena arsitektur teakwood yang dapat ditemui pada rumah para penduduknya.

Luang Prabang masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site karena arsitektur teakwood yang dapat ditemui pada rumah para penduduknya.

Beberapa pemuda lokal terlihat berkunjung ke candi yang sudah berumur ribuan tahun untuk beribadah. Mayoritas penduduk Laos merupakan penganut Buddha Theravada.

Beberapa pemuda lokal terlihat berkunjung ke candi yang sudah berumur ribuan tahun untuk beribadah. Mayoritas penduduk Laos merupakan penganut Buddha Theravada.

Perahu-perahu nelayan di Muang Ngoi terlihat sedang "parkir" di tepian sungai. Muang Ngoi merupakan daerah terisolasi yang menjadi tujuan para traveler yang ingin menjauh dari keramaian kota. Listrik di Muang Ngoi hanya aktif dari jam 9 pagi hingga lima sore.

Perahu-perahu nelayan di Muang Ngoi terlihat sedang "parkir" di tepian sungai. Muang Ngoi merupakan daerah terisolasi yang menjadi tujuan para pejalan yang ingin menjauh dari keramaian kota. Listrik di Muang Ngoi hanya aktif dari jam sembilan pagi hingga lima sore.

Air terjun bertingkat Kuang Si merupakan panorama yang ramai didatangi traveler yang singgah di Luang Prabang. Pengunjung dapat mendaki hingga 'kolam' paling atas dan menikmati keindahan 'infinity pool' alami.

Air terjun bertingkat Kuang Si merupakan panorama yang ramai didatangi pejalan yang singgah di Luang Prabang. Pengunjung dapat mendaki hingga 'kolam' paling atas dan menikmati keindahan 'infinity pool' alami.

Meski terlihat sebagai kota yang sederhana, banyak cafe atau bar di Luang Prabang menawarkan aktifitas yang unik. Fashion Show pakaian tradisional Laos dapat dilihat setiap malam di Hive Bar.

Meski terlihat sebagai kota yang sederhana, banyak kafe atau bar di Luang Prabang menawarkan aktivitas yang unik. Pagelaran busana pakaian tradisional Laos dapat dilihat setiap malam di Hive Bar, contohnya.

Panorama Nong Khiaw terkenal dengan kesunyiannya. Bersepeda di sepanjang sungai merupakan kenikmatan tersendiri bagi traveler yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota.

Panorama Nong Khiaw terkenal dengan kesunyiannya. Bersepeda di sepanjang sungai merupakan kenikmatan tersendiri bagi pejalan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota.

Titik tertinggi Vang Vieng cocok menjadi tempat bermeditasi.

Titik tertinggi Vang Vieng cocok menjadi tempat bermeditasi.

  • Disunting oleh SA 20/10/2012