Pada hari ini satu tahun lalu, sebuah ruang baru di dunia maya terbuka. Ruang itu bernama Ransel Kecil. Seperti sudah kami kenalkan melalui tulisan perdana, ini adalah awal dari semua perjalanan impian kita semua!

Kisah blog ini memang berawal dari mimpi. Bagaimana bukan mimpi, dua orang pengelola blog ini adalah pemula dalam dunia perjalanan. Keduanya tidak dekat dengan agen perjalanan, bukan praktisi penerbangan/transportasi, dan juga tidak berkecimpung di dunia hospitality. Namun keduanya sangat antusias dengan perjalanan. Sigit adalah seorang desainer. Arif adalah seorang programmer-desainer-wirausahawan-dan-bapak-seorang-anak. Pekerjaan sehari-hari keduanya jauh dari dunia perjalanan. Dengan segala keterbatasan waktu, batasan karena urusan pekerjaan, keterbatasan biaya, dan urusan keluarga (bagi Arif), impian jalan-jalan banyak yang harus disimpan dahulu. Namun mereka tak bisa menyimpan impiannya untuk berbagi tentang perjalanan mereka. Tentu saja mereka juga ingin membaca dan terinspirasi dengan membaca cerita dari pelancong lainnya. Keduanya percaya setiap cerita perjalanan dari masing-masing individu mempunyai ruh untuk menginspirasi bagi kebaikan orang lain. Itulah niat dan misi singkat Ransel Kecil. Menginspirasi melalui berbagi cerita perjalanan.

Catatan perjalanan dua orang mungkin akan terbatas, namun catatan dari 15 kontributor akan membuat sebuah media berbeda. Dari 15 kontributor itu lahirlah 74 tulisan yang selalu memberi inspirasi setiap kita membaca. Dedikasi kami persembahkan kontributor kami (urut abjad): Arif Widianto, Dessy Tri Anandani Bambang, Dianing Ratri, Dita Ramadhani, Faramita Dewi, Fuji Adriza, Galih Suharjan, Isyana Artharini, Muhammad Arif, Pria Purnama, Rika Safrina, Samanta Limbrada, Sigit Adinugroho, Willy Irawan dan Yani Widianto.

Dari tangan-tangan 15 orang inilah kita bisa berbagi cerita tentang kota yang indah, makanan yang menggugah selera, penginapan yang menarik, hingga tempat dan kegiatan dari berbagai dunia. Dari 15 orang ini kita dibawa berkeliling dunia mulai dari ujung Pulau Sempu hingga pelosok hutan Kalimantan Barat; berkunjung ke negeri-negeri eksotis seperti Vietnam dan Kamboja; hingga dunia Barat yang menarik seperti Berlin dan Las Vegas; menikmati indahnya lanskap Vietnam hingga Norwegia; membayangkan lezatnya makanan dari Thailand dan Korea; dan juga menengok kegiatan Palebon (Ngaben) dan Nyepi di Bali.

Tapi akhirnya 74 tulisan tidak akan bermakna bila tidak ada yang membaca, dan untuk itulah ucapan apresiasi kami persembahkan pada pembaca Ransel Kecil. Menurut statistik dari Google Analytics: tak kurang dari 17.290 pengunjung mampir ke ruang ini, mencatatkan 35.064 halaman yang terbaca. Dari catatan terakhir, Ransel Kecil dikunjungi oleh 1.840-an pengunjung per bulan, semua itu membaca kira-kira 3.800-an halaman.

Terakhir, dalam perjalanan satu tahun ini, kami pengelola Ransel Kecil pasti ada banyak kekeliruan, kesalahan, atau kekhilafan. Bagi para kontributor mungkin ada yang kurang puas dengan cara kami mengedit tulisan, bagaimana kami memotong, mengubah redaksi tulisan, atau juga tidak menampilkan foto yang telah Anda buat dengan bagus. Bagi pembaca, mungkin kami kurang bagus dalam editan, kurang sopan dalam penyajian, atau mungkin ada kealpaan untuk membalas sapaan Anda. Untuk itu semua, kami mohon maaf. Kami berniat untuk memberikan yang terbaik. Tapi kami manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, untuk itulah kami menerima kritik dan saran dari Anda.

Sungguh perjalanan yang menarik dalam satu tahun ini. Kami tidak bisa membayangkan bagaimana perjalanan Ransel Kecil di tahun yang akan datang. Pasti akan lebih menarik.

Anda tertarik untuk berbagai pengalaman perjalanan? Ayo, kami bersedia dan akan gembira menampungnya. Tulisan Anda pasti akan memberi impian dan inspirasi. Juga pihak-pihak lain yang ingin berbagi kepada pembaca Ransel Kecil, kami siap menyambut ajakannya.

Mari kita lanjutkan perjalanan!