Selamat datang di Ransel Kecil yang baru. Sudah hampir dua tahun blog ini ada, selama itu pulalah kami mencoba untuk mengumpulkan cerita-cerita. Cerita-cerita mereka yang tidak hanya melakukan perjalanan, tetapi juga sudi mengabadikan dalam kata dan gambar.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua kontributor yang sudah menulis dan mengirimkan foto. Tanpa Anda semua, Ransel Kecil tidak mungkin seperti sekarang.

Terima kasih juga kepada pembaca kami, follower di Twitter, “penyuka” di Facebook, dan mereka yang menyampaikan pujiannya secara pribadi kepada kami. Tidak hanya soal puja-puji, kami juga menghargai kritik dan saran pembaca selama ini.

Kami sadar blog ini masih jauh dari sempurna, banyak sekali rencana di hati dan kepala yang mungkin tidak selaras dengan tindakan. Kami, Sigit Adinugroho dan Arif Widianto menjalankan blog ini sebagai proyek pribadi, hobi, sesuatu yang mengisi kesenjangan, karena kecintaan kami pada perjalanan. Arif Widianto berencana tidak lagi membantu mengelola blog ini ke depan, sehingga pengelolanya praktis tinggal satu orang. Dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Arif yang sudah membantu hal teknis dan berbagi tulisan di blog ini selama hampir dua tahun.

Apa yang Baru?

Untuk saat ini, inilah yang bisa kami tawarkan:

Pemutakhiran tampilan. Tak sekedar itu, kami juga menambahkan rubrik baru, yakni Esai Foto, bagi Anda yang ingin menampilkan foto-foto perjalanan dalam bentuk narasi bertema tertentu. Atas dasar itu jugalah, ruang baca setiap entri diperlebar.

Situs mobile. Bagi pengguna telepon atau alat pintar, khususnya yang menjalankan iOS, seperti iPhone dan iPod Touch, silakan nikmati situs kami dalam layar kecil Anda.

Migrasi ke WordPress. Setelah hampir dua tahun kami menggunakan TextPattern, kami berpikir sudah saatnya berpindah ke sistem manajemen konten yang lebih komprehensif untuk mendukung beberapa fitur yang kami inginkan dengan lebih mudah. Proses migrasi ini memakan waktu berbulan-bulan, terutama karena sistem template yang berbeda.

Rencana ke Depan

Proses redesain ini tidak lepas dari keinginan kami untuk terus mengembangkan diri, perlahan tapi pasti. Jika ditanya apa rencana ke depan, kami tidak tahu pasti. Tapi begini kira-kira:

Aplikasi mobile. Ingin sekali mengembangkan semacam aplikasi mobile tentang perjalanan, atau sekedar feed dari blog ini. Tapi semuanya masih konseptual. Jika ada yang ingin berkolaborasi, silakan hubungi kami dan kami akan senang hati berdiskusi.

Rubrik baru/situs Tumblr. Kami ingin terus menambahkan variasi konten di blog ini. Format yang sekarang cenderung mengutamakan artikel yang diolah lebih matang, sehingga jarang diperbaharui. Kami ingin ada rubrik khusus atau mikroblog di mana kami bisa memperbaharui secara lebih sering dengan materi-materi “daur ulang” dari ranah web, misalnya pranala atau berita-berita khusus perjalanan.

Kontributor mandiri. Selama ini, kontributor menyerahkan artikel melalui email, lalu kami sunting. Ke depan, kami ingin mengimplementasikan sistem di mana kontributor dapat menuliskan artikel langsung di dalam sistem. Tentunya, setiap artikel akan tetap kami sunting terlebih dahulu.

Memperbaiki format beberapa artikel. Karena migrasi dari TextPattern ke WordPress, beberapa format artikel menjadi berubah. Karena jumlah artikel kami ratusan, maka butuh waktu untuk memperbaiki semuanya.

Selain itu, ada hal yang kami tetap lanjutkan, seperti tidak adanya komentar. Banyak yang bertanya, kenapa Ransel Kecil tidak memiliki komentar? Alasannya sederhana: Kami ingin menjaga kualitas konten di sini. Banyak komentar dalam blog di dunia maya yang tidak berkualitas, tidak mendukung konten entri, sampai menjadi perdebatan yang tidak sehat. Sebagai gantinya, kami memiliki akun Twitter untuk berkomunikasi dengan komunitas kami. Jika Anda ingin berkomentar, simpan komentar tersebut dan tuliskan dalam sebuah artikel tanggapan, itu akan jauh lebih baik.

Jika Anda punya ide atau bersedia berkolaborasi, silakan kontak kami.

Sekali lagi, terima kasih atas waktu dan perhatiannya, semoga pembaharuan Ransel Kecil yang sedikit ini punya arti bagi Anda.