Komunikasi penting dalam perjalanan

Apakah anda pernah pergi ke luar negeri dan sulit mendapatkan penyedia layanan seluler yang cocok untuk keperluan dan durasi perjalanan anda? Jika ya, apa sering juga paket yang disediakan ternyata cukup mahal dan kualitasnya tidak sesuai dengan harganya?

Seringkali pejalan yang ke luar negeri mengalami masalah ini dan setiap negara punya struktur paket dan sistem yang berbeda-beda. Di Indonesia, kita biasa membeli paket perdana prabayar murah yang langsung aktif, beserta data. Di Amerika Serikat, sulit unutk mencari paket perdana prabayar, karena kebanyakan pascabayar yang sudah di-bundling dengan ponsel. Di Jepang, GSM tidak bisa dipakai.

Pejalan mancanegara yang datang dari luar negeri ke Indonesia juga mengalami masalah yang sama. Ada banyak pilihan dan mereka tidak tahu kualitas dan tarifnya. Padahal, komunikasi lokal dan internasional menjadi penting. Di era data sekarang, tidak hanya soal paket suara (telepon), tetapi juga paket data.

Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan keperluan komunikasi anda selama perjalanan, baik itu dalam maupun luar negeri.

1. Riset tentang jenis jaringan yang tersedia

Tidak semua negara mendukung GSM dan CDMA, misalnya. Ada yang GSM saja, ada yang CDMA saja. Cek penyedia layanan seluler yang anda tuju di negara destinasi, dan lihat jenis jaringannya. Selain itu, cek juga apakah penyedia layanan seluler yang anda miliki sekarang dapat digunakan dalam jaringan di negara destinasi.

2. Persiapkan perangkat komunikasi

Apakah anda butuh ponsel pintar, biasa, atau satelit? Jika anda suka mendaki gunung mungkin lebih baik menggunakan ponsel satelit karena sinyalnya cukup sulit. Selain itu, perangkat komunikasi lain seperti komputer tablet dan jinjing juga menggunakan konsumsi data dan seluler.

3. Paket data bisa jadi lebih penting dari paket yang lain

SMS dan telepon bisa jadi lebih mahal dibandingkan dengan paket data dan chatting di WhatsApp, misalnya. Untuk itu, lihat apakah paket yang ditawarkan lebih banyak memberikan keuntungan di sisi data. Jika ya, pilihlah paket itu!

4. Cek fasilitas roaming dan tarif SMS/telepon dari penyedia layanan seluler anda

Sebagai backup, cek fasilitas roaming dan tarif SMS atau telepon dari penyedia layanan seluler yang anda miliki. Setidaknya, sebelum mencari paket perdana di destinasi, anda bisa memberi kabar singkat ke keluarga anda di rumah ketika baru sampai. Jangan menunda memberi kabar, ya.

5. Gunakan paket murah penyedia layanan seluler lokal

Beberapa penyedia layanan seluler lokal memberikan promo menarik, seperti paket data 7 hari sampai 30 hari dengan tarif terjangkau.

Bagi pejalan luar negeri yang ingin ke Indonesia, salah satunya adalah dengan mengunakan paket Super Obrol dari Mentari, yang memberikan gratis nelpon dan WhatsApp 24 jam hanya dengan sekali daftar. Ada dua paket, yakni Obrol Seharian dan Obrol Siang.

Paket Obrol Seharian untuk mendukung produktivitas anda sepanjang hari selama 24 jam penuh. Hanya Rp. 3000, Dapatkan 300 menit Nelpon ke semua nomor Indosat se-Indonesia + WhatsApp yang dapat digunakan selama 24 jam penuh dari waktu registrasi paket (00.00 – 24.00). Sisa kuota Nelpon & WhatsApp dapat digunakan hingga esok hari.

Cara Mengaktifkan paket:

Tekan *123*200# > SUPER OBROL > Obrol SEHARIAN

atau

Kirim SMS ketik SEHARIAN kirim ke 123

Paket Obrol Siang untuk mendukung produktivitas anda sepanjang hari mulai pukul 00.00 – 17.00. Hanya Rp 1000, dapatkan 100 menit Nelpon berkali-kali semua nomor Indosat se-Indonesia yang dapat digunakan selama 17 jam penuh dari waktu registrasi paket. Dan Sisa kuota Nelpon dapat digunakan hingga esok hari.

Cara mengaktifkan paket:

Tekan *123*200# > SUPER OBROL > Obrol SIANG

atau

Kirim SMS ketik SIANG kirim ke 123

Tulisan ini disponsori oleh Mentari Super Obrol.