Belum usai warga dunia menghapus sedih dari bencana di Haiti yang diguncang gempa besar awal Januari lalu, kita baru saja mendengar kabar duka lainnya.

Gempa dengan kekuatan 8,8 Skala Richter baru saja terjadi di Chili, sebuah negara dengan garis pantai panjang di sepanjang barat Amerika Latin. Gempa terjadi pada 27 Februari 2010 (hari ini), di lepas pantai Concepción, Chili. Gempa terasa hingga ibukota Chili, Santiago, dan beberapa kota di Argentina.

Titik episentrum gempa berada pada lepas pantai Maule, sekitar 6,4 km sebelah barat Curanipe, Chili dan 115 utara-timur laut dari kota terbesar kedua di Chili, Concepción. Gempa terjadi pukul 3:34 waktu lokal dan dilaporkan gempa dirasakan antara 10-30 detik.

Peringatan terjadi tsunami diberikan kepada Chili dan Peru, sementara itu peringatan tsunami juga terjadi untuk Ekuador, Kolombia, Antartika, Panama, dan Kosta Rika.

Peringatan tsunami ini kemudian diperluas hingga seluruh wilayah Samudera Pasifik, kecuali untuk wilayah pantai barat Amerika Serikat, British Colombia, dan Alaska. Ketinggian tsunami mencapai 2,6 meter (8,6 kaki) terjadi di laut Valparaiso, Chili. Ketinggian tsunami mencapai 2,34 meter tercatat di Talcahuano, Biobío Region.

Atas terjadinya gempa ini, kami warga dunia dari Indonesia di komunitas Ransel Kecil ikut sangat berduka. Doa dan belasungkawa kami atas seluruh warga Chili.

Sumber berita dan gambar: Wikipedia Indonesia (USGS).

Disunting oleh ARW 27/02/2010