Taman lampion, bukan taman sembarang taman, melainkan taman yang unik dengan kekhasan lampionnya. Taman lampion, destinasi yang berbeda dan menawan.

Persis dengan namanya, taman lampion, di tempat ini di sana-sini bertebaran lampion menerangi taman dengan sinarnya. Sejauh mata memandang terlihat lampion yang bersinar dan berkelip, ada yang tergelantung diatas, ada yang tertanam ditanah, dan ada pula yang mengapung di kolam. Bentuknya pun beragam, mulai dari bentuk yang tak beraturan, bentuk yang menyerupai bangunan-bangunan legendaris dunia, menyerupai tokoh-tokoh kartun, sampai yang menyerupai dunia flora dan fauna.

Lampu bertuliskan Lampion Garden
Lampu bertuliskan Lampion Garden

Saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya saat mengunjungi taman-taman lampion di Indonesia, negeri indah yang saya banggakan ini. Saya tidak begitu mengetahui di Indonesia tepatnya ada berapa banyak taman lampion, yang saya ketahui, dan tentunya cukup lumayan terkenal namanya yaitu, taman lampion di Batu Night Spectacular (BNS) kota Malang dan taman lampion di Taman Pelangi di kota Yogyakarta. Saya sudah meninggalkan jejak di kedua tempat ini, pesona kedua tempat ini menorehkan keindahan di memori saya.

Seperti namanya, Batu Night Spectacular terletak di Kota Batu Malang, Jawa timur. Satu hal yang menjadi keistimewaan Batu Night Spectacular adalah tempat ini terletak di kota yang mata sejuk dengan suasana yang menenangkan. Di Batu Night Spectacular ini, sambil menikmati keindahan taman lampion pengunjung juga dimanjakan dengan beragam wahana menarik seperti go-kart, sepeda udara, rumah hantu, bumper car, dan masih banyak lagi. Semua pengunjung dapat merasakan serunya menikmati sensasi wahana-wahana tersebut sambil ditemani sorotan sinar lampion.

Atraksi lampion di BNS
Atraksi lampion di BNS

Batu Night Spectacular cocok untuk wisata bersama keluarga, cocok untuk dikunjungi semua kalangan umur, mulai dari anak-anak sampai dewasa. yang datang bersama keluarga silahkan bergembira ria bersama anggota keluarganya, anak-anak kecil dijamin sumringah melihat wahana-wahana yang menarik untuk di coba. Yang sudah dewasa, tempat ini juga pas dijadikan tempat berpacaran, coba bayangkan betapa romantisnya berpacaran ditemani lampu-lampu lampion dan dinginnya udara perbukitan, ibarat judul film nih, otomatis romantis!

Tempat kedua yang pesonanya tidak kalah menarik adalah Taman Pelangi di Yogyakarta. Taman Pelangi Yogyakarta letaknya di monumen Jogja Kembali. Jadi, monumen Jogja Kembali sekarang dikelilingi taman lampion yang terlihat semakin keren. Konsepnya sama dengan taman lampion yang ada di Malang, konsep taman lampion dengan wahan-wahana permainan sebagai komplementer. Hal lain yang tidak kalah seru untuk dinikmati, disini pengunjung disuguhi live music yang lumayan “yahud”. Saat saya berkunjung ke sana, saya disuguhi penampilan band indie yang salah satu anggotanya cukup handal memainkan biola.

Suhu di Taman Pelangi di Yogyakarta ini tidak sedingin taman lampion di Malang karena ia tidak terletak di perbukitan. Tapi, malam itu tetap terasa dingin dengan sentuhan semilir angin malamnya. Ditemani semilir angin saya berjalan mengelilingi Taman Pelangi Yogyakarta, saya keluarkan kamera saya untuk mengabadikan kelipan lampu-lampu lampion, terlihat indah terekam lensa kamera, kelipan lampu-lampu lampion terlihat bak kelipan bintang di langit.

Di Taman Pelangi Yogyakarta terdapat wahana-wahana yang seru, seperti sepeda air, bola air, trampolin, becak mini, dan masih banyak lagi. Saya sempat menikmati wahana sepeda air, saya bermain sepeda air bersama sepupu saya, kita main sepeda air bertiga, saling kejar-kejaran, dan sempat berlomba kebut-kebutan menggunakan sepeda air dari ujung kolam yang satu ke ujung kolam lainnya. Amat seru! Bermain bak anak kecil yang masa kecilnya kurang bahagia.

Bagi saya, taman lampion merupakan destinasi yang unik. Bagi yang bosan dengan destinasi pantai atau gunung, taman lampion bisa dijadikan tujuan destinasi pilihan. Dan bagi yang bosan keluar masuk nongkrong di kafe atau mal, taman lampion dapat dijadikan alternatif yang menarik.

  • Disunting oleh PW & SA 06/11/2012